Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tindakan Ekonomi Dalam Banyak Sekali Acara Sehari-Hari

Mengapa insan perlu bekerja? Jawabannya sebab untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam melengkapi kebutuhannya, insan akan menentukan langkah yang paling pas dan tentunya bermanfaat bagi kehidupannya ke depan. Segala sesuatu yang dilaksanakan insan berlandaskan pilihan yang paling baik dan sangat menguntungkan dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan disebut tindakan ekonomi.

Dengan kata lain, tindakan ekonomi merupakan segala sesuatu tindakan yang dilakukan insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang dilandasi dengan prinsip ekonomi.

Contoh acara ekonomi dalam acara sehari-hari:

1.      Ayah lebih sering memakai sepeda motor daripada mobilnya sebab sanggup menghemat materi bakar.
2.      Pergi ke sekolah, ke kampus, ke kantor memakai bis kota daripada naik taksi yang memboroskan biaya transportasi.
3.      Ibu lebih sering memakai telepon rumah daripada Handphonenya sebab biaya yang lebih murah.

MOTIF EKONOMI

Adalah sebuah alasan yang mendorong insan untuk melaksanakan tindakan ekonomi. Motif ekonomi sanggup berasal dari luar ataupun dari dalam diri insan itu sendiri.

  1. Motif sosial/membantu sesama

Tidak semua insan dalam melaksanakan tindakan ekonomi didorong untuk kepentingan individu, tetapi ada juga yang berorientasi pada kepentingan bersama guna membantu sesama, contohnya ibarat memperlihatkan santunan bagi korban bencana, panti asuhan, yayasan difabel, dan lain-lain.

      2. Motif memperoleh penghargaan

Untuk bergengsi, dan harga diri insan melaksanakan dorongan ekonomi guna memperoleh penghargaan atau prestasi. Misalnya ibarat orang kaya yang setiap harinya membawa kendaraan beroda empat glamor biar terlihat terpandang bagi orang sekitarnya.

      3. Motif untuk memperoleh keuntungan/laba

Ada juga insan yang melaksanakan tindakan ekonomi didorong oleh perjuangan untuk menerima keuntungan.


      4. Motif untuk memenuhi kebutuhan

Manusia melaksanakan tindakan ekonomi ini dipicu oleh perjuangan untuk kelangsungan hidup yang terjamin, meskipun perjuangan tersebut hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan primernya saja.



      5. Motif mencapai kekuasan ekonomi

Seorang pembisnis yang sudah berskala besar ingin lebih menguasai pasar secara nasional dengan mendirikan cabang di setiap kotanya. Motif pelaku bisnis ini didorong untuk mencapai kekuasaan.

      6. Motif mencapai kemakmuran

Manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani atau rohani dengan maksud dan tujuan mencapai kemakmuran. Dalam keadaan makmur, insan sanggup memenuhi kebutuhan makanan yang penuh gizi, pendidikan tinggi, daerah tinggal layak huni, dan sebagainya.

Disamping motif ekonomi, ada juga motif non ekonomi, dimana pelaksanaan dalam pemenuhan kebutuhan hidup seseorang dilakukan dengan emosional dan tergesa-gesa, tidak memperhitungkan untung-rugi.

Contoh motif non ekonomi ialah sebagai berikut:

  1. Tono mentraktir teman sekelasnya sebab gres saja menerima kiriman uang dari kakeknya.
  2. Dita tidak pernah menawar dalam belanja, sebab ia ingin memperlihatkan kekayaannya.

Demikian yang sanggup saya jelaskan wacana Tindakan Ekonomi dan Motif Ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga sanggup bermanfaat.