Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Gerak Pada Flora : Gerak Taksis, Tropisme Dan Nasti

Secara umum gerak pada tumbuhan sanggup dibedakan menjadi gerak yang dipengaruhi oleh arah datangnya suatu rangsang dan gerak yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya suatu rangsang (gerak nasti). Gerak yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang dibagi menjadi 2 jenis yaitu gerak seluruh badan (gerak taksis) dan gerak tumbuh (gerak tropisme).





Agar anda sanggup lebih jelas, berikut akan dijelaskan mengenai pengertian dan teladan gerak taksis, tropisme dan nasti pada tumbuhan.

1.      Taksis



Gerak taksis merupakan gerak pada seluruh badan tumbuhan dengan menjauhi ataupun mendekati sumber suatu rangsangan. Gerak taksis pada umumnya sanggup terjadi pada tumbuhan tingkat rendah alasannya yakni tubuhnya tidak melekat pada daerah tertentu.


Jenis gerak taksis biasanya dinamai menurut jenis rangsangan nya. Misalnya, disebut fototaksis kalau rangsangan nya berupa cahaya dan kemotaksis kalau rangsangannya berasal dari materi kimia gerak taksis yang mendekati arah datangnya rangsang sering disebut sebagai gerak taksis positif sedangkan taksis yang menjauhi datangnya arah rangsang disebut sebagai gerak taksis negatif.

Contoh gerak kemotaksis pada tumbuhan yakni gerak spermatozoid pada tumbuhan lumut dalam ruang arkegonium dikala proses membuahi sel telur. Gerak kemotaksis ini dikarenakan oleh rangsangan glukosa yang terdapat di ruang arkegonium.


2.      Tropisme



Gerak tropisme merupakan gerak pada sebagian badan tumbuhan, baik mendekati maupun menjauhi arah tiba nya suatu rangsangan. Seperti halnya pada gerak taksis, gerak tropisme juga dinamai menurut jenis rangsangan yang diperolehnya. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak tropisme sanggup dibagi menjadi gerak fototrpisme, hidrotropisme, dan geotropisme.

Fototrpisme merupakan gerak tumbuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan yang berupa cahaya. Hidrotrpisme merupakan gerak tumbuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa air. Adapun geotropisme merupakan gerak badan tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa gaya gravitasi bumi.

Secara umum gerak tropisme sanggup dibedakan menurut arah gerakan tumbuhan. Gerak tropisme yang mendekati arah sumber rangsangan disebut gerak tropisme positif, sedangkan gerak tropisme yang menjauhi arah sumber rangsangan disebut gerak tropisme negatif.

Contoh gerak fototropisme aktual yakni gerak tumbuhan yang disimpan didekat jendela, tumbuhan itu lalu akan tumbuh mendekati arah sumber cahaya. Sedangkan teladan gerak geotropisme negatif yakni gerak pada tumbuhan yang sengaja disimpan secara horizontal namun arah tumbuhnya tetap ke atas.


3.      Nasti



Gerak nasti merupakan gerak tumbuhan yang berbeda dari gerak taksis dan gerak tropisme yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang. Gerak nasti merupakan gerak bab tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh datangnya rangsangan, tetapi ditentukan oleh tumbuhan itu sendiri. Jenis-jenis gerak nasti yakni gerak seismonasti, fotonasti dan termonasti.

Seismonasti merupakan gerak nasti alasannya yakni imbas oleh rangsang berupa sentuhan atau getaran. Contohnya pada gerak menutup dau putri aib sesudah disentuh. Adapun fotonasti merupakan gerak nasti yang alasannya yakni imbas oleh rangsang berupa cahaya. Gerak fotonasti ini misalnya yakni pada kembang sepatu yang mekar pada siang hari dan menguncup pada malam hari. Sedangkan termonasti merupakan gerak nasti yang terpengaruh rangsangan berupa suhu.


Demikian klarifikasi mengenai MACAM-MACAM GERAK PADA TUMBUHAN, biar sanggup bermanfaat.