Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sejarah Lengkap Secara Bahasa Dan Berdasarkan Para Ahli



PENGERTIAN DAN DEFINISI  SEJARAH LENGKAP SECARA BAHASA DAN MENURUT PARA AHLI - Sejarah, sebuah kata yang tentunya tidak abnormal lagi bagi kita. Berbagai insiden sejarah, yaitu berskala nasional, bahkan Internasional niscaya tidak abnormal lagi kita dengar. Misalnya, Pada dikala proklamasi kemerdekaan Indonesia ialah rujukan insiden yang bersifat nasional. Sebagai rujukan insiden sejarah regional yaitu Penandatanganan pembentukan ASEAN.  Dan Perang Dunia I dan II yaitu rujukan insiden sejarah Dunia.

SEJARAH LENGKAP SECARA BAHASA DAN MENURUT PARA AHLI PENGERTIAN SEJARAH LENGKAP SECARA BAHASA DAN MENURUT PARA AHLI

Namun, pernahkah kau berpikir apa sesungguhnya pengertian sejarah? Bagaimanakah suatu insiden yang telah lampau sanggup dihadirkan kembali pada masa kini? Untuk sanggup menjawab pertanyaan-pertanyaan itu marilah kita pelajari perihal pengertian dan ruang lingkup Ilmu Sejarah!

A.   Pengertian Sejarah Terlengkap

Pada dikala  mendengar kata sejarah, banyak diantara kita ingat atas peristiwa-peristiwa dan kisah-kisah yang terjadi pada masa lalu. Menurut kau apakah sejarah itu dan bagaimaan penjabarannya? Kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajarotun yang berarti pohon. Kata ini kemudian berkembang artinya menjadi akar, keturunan, asalusul, riwayat, dan silsilah.

Jika kita pernah melihat gambar atau bentuk silsilah keluarga penguasa-penguasa pada waktu itu  akan kelihatan menyerupai dengan pohon, sedangkan silsilah keluarga raja itu dituliskan terbalik dari batang pohon, Kemudian ke cabang dan ranting-rantingnya. Kata sejarah diambil kedalam bahasa Melayu pada masa ke -13. Namun, didalam bahasa arab sendiri ilmu yang mempelajari cerita-cerita pada masa kemudian disebut tarikh.

Dalam bahasa Inggris, kata sejarah dikenal dengan sebutan history, yang berasal dari bahasa yunani istoria yang berarti ilmu. Dalam perkembangannya kata istoria diperuntukkan bagi pengkajian terhadap segala sesuatu mengenai insan secara kronologis. Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut dengan geschichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi.


Para hebat sejarah menawarkan pengertian atau definisi yang majemuk perihal sejarah, walaupun pada hakikatnya hampir sama. Beberapa pengertian sejarah dari ahli-ahli sejarah antara lain sebagai berikut.

1.      Herodotus (484-425 SM) menyatakan bahwa sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti, melainkan bergerak menyerupai garis bulat yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia. Herodotus dikenal sebagai pertama dunia berkebangsaan Yunani. Oleh alasannya itu, ia menerima julukan The Father of History atau Bapak Ilmu Sejarah.

2.      W.J.S. Poerwadar – Minta dalam bukunya berjudul kamus umum bahasa indonesia, ia mengutarakan tiga pengertian sejarah sebagai berikut.

3.      R.Moh. Ali dalam bukunya pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, ia menegaskan kata sejarah mengandung arti sebagai berikut.

a.       Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
b.      Cerita perihal perubahan-perubaha, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas dari perisiwa tersebut.

4.      Ibnu Khaldun (1332-1406) dala m bukunya yang berjudul mukadimah ia mendefinisikan sejarah ialah catatan perihal masyarakat umat insan atau peradaban dunia dan perihal perubahan-perubahan yang terjadi pada tabiat masyarakat itu.

a.       Kesuksesan lama, silsilah, asalusul.
b.      Kejadian dan insiden yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
c.       Ilmu pengetahuan, dongeng pelajaran perihal insiden kejadian yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Berdasarkan beberapa pengertian dari para hebat sejarah tersebut sanggup disimpulkan bahwa secara
umum pengertian sejarah ialah sebagai berikut.

a.       Peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dalam kehidupan insan sebagai makhluk sosial.
b.      Cerita, kisah, atau catatan perihal peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun menurut penginggalan-penginggalan atau sumber-sumber sejarah.
c.       Ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.




Soal Latihan :

Silahkan Jelaskan perihal asal-usul istilah Beserta pengertian sejarah secara umum.