Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Kelebihan Dan Kekurangan Antara Smk Dan Sma

PERBANDINGAN (perbedaan) KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN SMA - Sebagian dari para murid SMP (SMP) yang sudah menginjak kelas IX mungkin sudah mulai mempersiapkan kemana mereka akan melanjutkan sekolahnya. Namun umumnya mereka akan merasa kasus dalam menentukan sekolah mana yang ingin mereka tuju.

 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN Sekolah Menengan Atas PERBANDINGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN SMA
Jangankan soal sekolah mana, mungkin dalam menentukan pilihan antara Sekolah Menengah Atas (SMA)  atau SMK pun mereka masih bingung.

Apalagi jikalau terdapat perbedaan pendapat antara murid dan orang tuanya. Misalkan, si murid ingin masuk Sekolah Menengan Atas semoga sanggup lebih gampang melanjutkan ke Perguruan Tinggi (PT) dan sanggup tetap bertemu dengan banyak temannya ketika SMP, namun ternyata orang tuanya mempunyai kemauan lain, orang tuanya menginginkan ia untuk masuk SMK semoga sanggup lebih cepat dalam mencari pekerjaan. Ya, kasus menyerupai ini sangat umum terjadi pada hampir sebagian besar murid SMP.


Tapi apa anda benar-benar tahu soal perbandingan antara Sekolah Menengan Atas dan SMK? Atau hanya menurut perkataan orang-orang?

Disini saya akan memperlihatkan isu mengenai perbandingan antara Sekolah Menengan Atas dan SMK. Saya akan menjelaskan kelebihan serta kekurangan dari kedua jenis sekolah tersebut.

Pertama kita akan mulai dari Sekolah Menengan Atas :

Kelebihan:
 

1. Langkah sempurna menuju Perguruan Tinggi
Kurikulum yang ditentukan dalam kurikulum Sekolah Menengan Atas merupakan kurikulum yang dipersiapkan untuk menyiapkan para murid Sekolah Menengan Atas untuk sanggup menuju ke Perguruan Tinggi yang mereka inginkan.


2. Lebih gampang menerima beasiswa Perguruan Tinggi Nasional
Kelebihan selanjutnya yaitu Sekolah Menengan Atas niscaya menerima kuota yang lebih dalam beasiswa ke akademi tinggi


3. Cakupan pelajaran luas
Berbeda dengan SMK yang hanya fokus pada satu bidang keahlian, Sekolah Menengan Atas mempunyai pelajaran yang lebih banyak dan dalam lingkup bidang yang lebih luas. Ini alasannya yaitu lulusan Sekolah Menengan Atas diperlukan mempunyai wawasan yang luas untuk melanjutkan ke Perguruan tinggi


- Kekurangan:

1. Sulit mencari pekerjaan sesudah lulus SMA

Jika anda menentukan Sekolah Menengan Atas anda harus melanjutkan sekolah anda ke akademi tinggi. Karena lulusan Sekolah Menengan Atas hanya sedikit dibutuhkan oleh dunia kerja dibandingkan lulusan SMK


2. Banyak tugas
Murid Sekolah Menengan Atas akan disibukkan oleh kiprah yang sangat banyak. Ini alasannya yaitu kurikulum Sekolah Menengan Atas dibentuk untuk melatih murid dengan gaya berguru akademi tinggi.


3. Perlu konsentrasi tinggi

Ini diharuskan alasannya yaitu jikalau anda terlalu bermain-main ketika masa Sekolah Menengan Atas anda maka anda akan sulit diterima di akademi tinggi. Karenanya banyak murid Sekolah Menengan Atas yang yang ikut dalam banyak sekali les dan bimbingan belajar.



Lalu bandingkan dengan SMK:


Kelebihan:

1. Siap bersaing didunia kerja

Umumnya pelaku dunia kerja lebih membutuhkan murid SMK daripada SMA. Ini dikarenakan siswa SMK sudah niscaya lebih menguasai bidang kejuruannya. Karenanya peluang berkerja sesudah lulus SMK lebih besar.


2. Memiliki pengalaman lebih dalam praktek didunia industri
Bukan diam-diam umum lagi kalau SMK lebih mengutamakan praktek dibandingkan teori. Di SMK juga terdapat Praktek kerja industri yang biasanya berlangsung selama 3-4 bulan. Disana murid sanggup berguru terjun pribadi didunia industri


3. Menghasilkan lulusan yang siap kerja dan lebih mandiri
Di SMK anda akan difokuskan mencari peluang dalam dunia kerja. Ini tentu merupakan keunggulan tersendiri bagi SMK


Kekurangan:

1. Wawasan sempit
Ini dikarenakan murid SMK hanya akan difokuskan pada satu bidang kejuruan sehingga pelajaran lebih sempit cakupannya dibandingkan SMA


2. Sulit untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi
Beasiswa yang sanggup anda dapatkan di SMK hanya sedikit dan umumnya hanya untuk siswa berprestasi . Dan umumnya Perguruan tinggi akan lebih menentukan murid Sekolah Menengan Atas dibandingkan SMK


3. Membutuhkan lebih banyak biaya
Dibeberapa SMK praktek dan ujian yang dilakukan umumnya masih dipungut biaya. Anda bula masih perlu dipusingkan dengan banyaknya kebutuhan penunjang praktek menyerupai laptop atau alat praktek lain.


Demikian PERBANDINGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ANTARA SMK DAN SMA. Semoga bermanfaat untuk anda yang masih gundah :D