Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Sejarah Dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari



Manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat – Setiap individu, masyarakat, dan bangsa dipermukaan bumi ini mempunyai sejarahnya sendiri-sendiri. Proses sejarah menawarkan pengalaman dan pelajaran serta pemantapan kepribadian bagi seorang individu serta bagi suatu masyarakat dang negara. Selanjutnya, sanggup diuraikan manfaat-manfaat mempelajari sejarah sebagai berikut :

Manfaat sejarah dalam kehidupan masyarakat MANFAAT SEJARAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT SEHARI-HARI

1.      Memberikan Kesadaran Waktu
Kesadaran waktu yang dimaksud yaitu kehidupan dengan segala perubahan, pertumbuhan, dan perkembangannya terus berjalan melewati waktu. Kesadaran dikenal juga sebagai kesadaran akan adanya gerak gerak sejarah. Kesadaran tersebut memandang kejadian-kejadian sejarah sebagai sesuatu yang terus bergeerak dari masa kemudian yang bermuara ke masa kini dan berlanjut ke masa yang akan datang.

Waktu terus berjalan pada dikala seorang atau suatu bangsa mulai menjadi renta dan digantikan oleh generasi berikutnya. Bahkan, waktu terus berjalan pada dikala seseorang atau suatu bangsa hanya bersenang-senang dan bermasal-malasan atau sebaliknya seseorang atau suatu bangsa sedang melaksanakan karya-karya besar. Dengan mempunyai kesadaran sejarah yang baik, seseorang akan senantiasa berupaya mengukir sejarah kehidupan dengan sebaik-baiknya.

2.      Memberikan Pelajaran yang Baik
Dengan mempelajari sejarah, seseorang atau suatu bangsa akan berkaca dan sanggup menawarkan evaluasi sendiri, baik kejadian yang yaitu prestasi maupun kegagalan. Kejadian-kejadian sejarah pada masa yang lalu, baik yang positif maupun negatif dijadikan nasihat biar kesalah-kesalahan yang pernah terjadi tidak terlulang lagi.

Misalnya pada tahun 1949,1950 bangsa indonesia menerapkan bentuk pemerintahan federal (RIS) sebagai hasil komitmen KMB. Akan tetapi, bentuk pemerintahan ibarat ini gagal diterapkan di indonesia. Demikian halnya pada 1950-1959, indonesia menerapkan sistem pemerintahan liberal-parlementer menurut Undang-Undang Dasar 1950, Juga mengalami kegagalan. Pada masa Demokrasi Terpimpin bangsa indonesia tidak konsisten degan garis politik bebas-aktif dan cenderung condong ke Blok Timur. Akibatnya bencana kejadian G-30-S/PKI. 


Setelah kejadian tersebut, Muncullah pemerintah Orde Baru yang menggantikan pemerintahan sebelumnya, Tetapi kehidupan pada masa pemerintah Orde Baru banyak diwarnai oleh kolusi, Korupsi, dan nepotisme (KKN) sehingga melahirkan gerakan reformasi yang dimotori mahasiswa. Gerakan tersebut karenanya menumbangkan pemerintahan Orde Baru. Dengan pengalaman sejarah tersebut tentunya kita tidak ingin mengalami kegagalan yang sama.

3.      Memperkokoh Rasa Kebangsaan (Nasionalisme)
Suatu bangsa yaitu suatu kelompok sosial yang ditinjau dari banyak sekali segi mempunyai banyak perbedaan. Terbentuknya suatu bangsa dikarenakan adanya kesamaan sejarah besar dimasa kemudian dan adanya kesamaan keinginan untuk menciptakan sejarah besar bersama di masa yang akan datang. Sebagai contoh, Bangsa indonesia semenjak jaman Presejarah telah mempunyai kesamaan sejarah.

Kemudian, mempunyai zaman keemasa pada zaman Sriwijaya, Mataram Hindu-Budha, dan Majapahit. Setelah itu bangsa Indonesia berada pada zaman penjajahan selama ratusan tahun. Perjalanan sejarah bangsa indonesia tersebut menjadi ingatan kolektif yang sanggup menyebabkan rasa solidaritas dan mempertebal semangat kebangsaan.

4.      Memberikan Ketegasan Identitas Nasional dan Kepribadian Suatu Bangsa
Kepribadian dan identitas nasional suata bangsa terbentuk dari keseluruhan pengalaman sejarah suatu bangsa tersebut. Hal ini dikarenakan setiap bangsa mempunyai pengalaman sejarah yang berbeda-beda pulsa. Oleh alasannya yaitu itu, kepribadian seseorang atau suatu bangsa sering kali dikatakan unik atau khas.

Dengan mempelajari sejarah akan lebih memperjelas identitas nasional dan kepribadian suatu bangsa. David Gordon beropini bahwa sejarah yaitu pengalaman kolektif suatu bangsa pada masa lalu. Segala hal yang dilakukan oleh tokoh-tokoh yang diidealkan sebagai pahlawan menjadi sumber identitas dengan menawarkan makna untuk memilih nasib perjalanan sejarah bangsanya.

5.      Sumber Inspirasi
Sejarah berupaya merekam acara menasuia pada masa silam. Pengetahuan dan keinginan masa kemudian sanggup menjadi sumber inspirasi dalam rangka menumbuhkan keinginan masa yang akan datang. George Macaulay Travelyan beropini bahwa di dalam pendidikan dan perjuangan menumbuhkan keinginan masa kini dan hari esok, pengetahuan perihal keinginan kemudian yaitu sumber inspirasi yang paling penting.

6.      Sama Rekreatif
Sejarah dalam bentuk cerita sering kali menjadi sumber bacaan yang mengasyikkan alasannya yaitu merupakan cerita kasatmata yang menraik dengan gaya bahasa yang memikat.
Karya sejarah yang demikian sanggup menghibur alasannya yaitu sanggup menumbuhkan susasana hati yang menyenangkan.

Karya-karya sejarah yang menarik ditulis dengan gaya sastra, ibarat : Hulubalang Raja, Surapati, dan La Hami, Karya Nur Sultan Iskandar yang diterbitkan oleh balai Pustaka. Demikian juga pengalaman Paramita Jayadiningrat di malang selatan ditengan gerilyawan dan pengungsi sebagai paramedis yang cukup mengharukan. Karya lain ibarat sura-surat sastrawan iwan simatupang yang merekam keadaan masyarakat pertengan tahun 1960-an dengan narasi bernuansa sejarah prolog kejadian G-30-S/PKI 1965.

Demikian Penjelasan Tentang MANFAAT SEJARAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT SEHARI-HARI. semoga bermanfaat gan