Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Ekonomi Yang Diterapkan Di Indonesia

Sistem ekonomi yakni seni administrasi suatu negara mengatur kehidupan ekonominya dalam rangka mencapai kemakmuran. Sistem ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara bertujuan untuk menjawab masalah-masalah pokok ekonomi,  yakni barang dan jasa apa yang akan di produksi ( what ), bagaimana cara memproduksi ( how ), dan untuk siapa barang serta jasa tersebut diproduksi ( for whom).

Sistem ekonomi yakni seni administrasi suatu negara mengatur kehidupan ekonominya dalam rangka menc SISTEM EKONOMI YANG DITERAPKAN DI INDONESIA


Sistem ekonomi pada dasarnya  mengarah pada tujuan-tujuan yang sama menyerupai berikut ini, yaitu:
1.      Mencapai tingkat kemakmuran serta kesejahteraan warga dan masyarakat.
2.      Meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.
3.      Mencapai kestabilan ekonomi dengan kesempatan kerja yang luas.
4.      Mengurangi jumlah pengangguran.
5.      Pemerataan pendapatan di antara banyak sekali golongan serta banyak sekali lapisan masyarakat.

Sistem ekonomi yang dianut banyak sekali negara yakni hasil perkembangan sejarah serta jawaban suatu bangsa atas pergolakan zaman. Secara umum sistem ekonomi dalam perekonomian suatu negara dibedakan menjadi empat macam, yakni sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi sosialis, serta sistem ekonomi campuran.


Indonesia melakukan sisten ekonomi Pancasila atau sistem ekonomi demokrasi, walaupun pada hakikatnya merupakan sistem ekonomi. Sistem ekonomi demokrasi, yakni suatu sistem ekonomi yang mempunyai landasan sebagai berikut:
1.      Idiil, yakni Pancasila.
2.      Struktural, yakni Undang-Undang Dasar 1945.
3.      Struktural, yakni Pasal 33 ayat (1), (2) dan (3) Undang-Undang Dasar 1945.

Pada sistem ekonomi demokrasi, rakyat Indonesia berperan sebagai pelaku utama dalam perekonomian. Sistem ekonomi Indonesia menekankan pada demokrasi ekonomi yang mempunyai ciri-ciri faktual sebagai berikut:
1.      Perekonomian disusun sebagai perjuangan bersama menurut atas asas kekeluargaan.
2.      Cabang-cabang produksi yang penting untuk negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3.      Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipakai sebesar-besarnya guna kemakmuran rakyat.
4.      Sumber-sumber kekayaan serta keuangan negara dipakai dengan pemufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat serta diawasi oleh forum perwakilan rakyat, serta pengawasan terhadap kebijakannya ada pada rakyat.
5.      Warga negara mempunyai kebebasan dalam menentukan pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak atas pekerjaan dan kehidupan yang layak.
6.      Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya dilarang bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
7.      Potensi, inisiatif serta daya kreasi setiap warga negara diperkembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
8.      Fakir miskin dan bawah umur terlantar dipelihara oleh negara.

Selain ciri positif, dalam pelaksanaan sistem demokrasi ekonomi harus dihindari ciri-ciri negatif sebagai berikut:
1.      Sistem free fight liberlisme yang menumbuhkan eksploitasi (penindasan) terhadap insan serta bangsa lain yang dalam sejarahnya di Indonesia telah menjadikan dan mempertahankan kelemahan struktural posisi Indonesia dalam ekonomi dunia.
2.      Sistem etatisme, yakni negara berserta aparatur ekonomi negara bersifat lebih banyak didominasi serta mendesak dan mematikanpotensi dan daya kreasi unti-unit ekonomi diluar sektor negara.
3.      Persaingan tidak sehat serta pemusatan kekuatan eknomi pada satu kelompok dalam banyak sekali bentuk monopoli dan monopsoni yang merugikan masyarakat dan bertentangan dengan keinginan keadilan sosial.


Demikian klarifikasi mengenai SISTEM EKONOMI YANG DITERAPKAN DI INDONESIA, supaya sanggup bermanfaat.