Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Kepemimpinan: Perbedaan Pemimpin, Kepemimpinan, Dipimpin,Memimpin Dan Terpimpin

Mungkin kita semua sering mendengar wacana pemimpin, kepemimpinan, dipimpin, memimpin dan terpimpin bukan? Namun apakah kau tau maksud bekerjsama kata-kata tersebut?

Mungkin kita semua sering mendengar wacana pemimpin MATERI KEPEMIMPINAN: PERBEDAAN PEMIMPIN, KEPEMIMPINAN, DIPIMPIN,MEMIMPIN DAN TERPIMPIN


Sebenarnya kelima kata diatas saling berkaitan dan masuk dalam bidang yang sama. Kelima kata diatas sama-sama mempunyai kata dasar yakni “pimpin”. Namun kelima kata tersebut dipakai dalam konteks yang berbeda Berikut yaitu penjelasannya:


1. Pemimpin

Pemimpin yaitu Seseorang yang mempunyai kemampuan untuk sanggup memperngaruhi, mengatur, mengarahkan serta mengkoordinir orang lain untuk berkerja sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam artian singkat pemimpin yaitu seseorang yang sanggup mengarahkan pengikutnya untuk tujuan tertentu.


Jika kata “Pemimpin” dialaih bahasa kan kedalam bahasa Inggris menjadi “Leader”. Leader mempunyai kiprah dan tanggung jawab untuk me-LEAD  para “Follower”-nya atau pengikutnya. Makna LEAD sendiri adalah:


• Loyality (loyalitas) : Setiap pemimpin mempunyai tanggung jawab untuk menumbuhkan loyalitas para pengikutnya dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Ini bisa dilakukan dengan memperlihatkan motivasi kepada para pengikutnya untuk semakin bersungguh-sungguh dalam prosesnya.

• Educate (edukasi) : Setiap pemimpin wajib membekali semua pengikutnya dengan edukasi dan pengetahuan. Hal ini akan membantu mempercepat proses pencapaian tujuan dan meningkatkan kualitas setiap pengikutnya.


• Advice (nasehat) : Apabila dalam kepemimpinanya terdapat masalah, maka pemimpin tersebut harus memperlihatkan saran dan nasehat supaya problem tersebut sanggup terselesaikan


• Discpiline (disiplin) : Setiap Pemimpin wajib bersikap disiplin dan sanggup menjadi pola bagi para pengikutnya.


2. Kepemimpinan

Kepemimpinan yaitu cara seseorang untuk memperngaruhi orang lain sehingga orang tersebut mau berkerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam artian singkat kepemimpinan yaitu cara seorang pemimpin dalam mengarahkan para pengikutnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Kepemimpinan setiap pemimpin tidak mesti sama, alasannya yaitu tergantung dari pembawaan pemimpin tersebut maupun kondisi pengikutnya. Kepemimpinan harus sesuai dengan kondisi pengikutnya supaya pengikutnya merasa bahagia dalam proses dan tidak merasa tertekan maupun terpaksa. Untuk mengetahui lebih lengkap wacana kepemimpinan dan gaya kepemimpinan silahkan baca disini

3. Dipimpin

Dipimpin yaitu proses dimana individu atau kelompok mendapat instruksi dan efek dari seorang pemimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam artian singkat dipimpin yaitu proses dimana individu atau kelompok mengikuti instruksi pemimpinnya.

4. Memimpin

Memimpin yaitu proses dimana seorang pemimpin dalam mengarahkan dan mempengaruhi pengikutnya untuk mencapai tujuan tertentu. Kaprikornus memimpin yaitu proses kebalikan dari dipimpin tadi.

5. Terpimpin

Terpimpin yaitu situasi dimana individu atau kelompok sanggup dipimpin dengan baik atau terkendali oleh seorang pemimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Bagaimana? Apa masih bingung? Berikut kesimpulannya:
 

Dari awal sudah saya katakan bahwa kelima kata diatas berkaitan namun dalam konteks yang berbeda. Jika dilihat dalam unsur kalimat yang baik maka kata “pemimpin” merupakan Subjeknya, “kepemimpinan” merupakan Objeknya, “dipimpin” dan “memimpin” merupakan Predikatnya, sedangkan “terpimpin” merupakan Keterangannya.

Demikian MATERI KEPEMIMPINAN: PERBEDAAN PEMIMPIN, KEPEMIMPINAN, DIPIMPIN,MEMIMPIN DAN TERPIMPIN. semoga bermanfaat