Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Pengertian, Ciri Ciri, Cara Hidup Dan Reproduksi Virus


Dalam pembahasan sebelumnya kita telah membahas perihal Klasifikasi Makhluk Hidup. Namun tahukah kalian bahwa ada makhluk hidup yang tidak tergolong kedalam 5 kerajaan pada pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup? Ya, Virus tidak termasuk ke dalam kerajaan makhluk hidup. Kenapa? Temukan jawabnnya dibawah ini.

Dalam pembahasan sebelumnya kita telah membahas perihal Klasifikasi Makhluk Hidup PENJELASAN PENGERTIAN, CIRI CIRI, CARA HIDUP DAN REPRODUKSI VIRUS

Virus merupakan sebuah benalu berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus tidak termasuk ke dalam kerajaan makhluk hidup, lantaran virus mempunyai ciri-ciri yang berbeda dengan ciri-ciri makhluk hidup lainnya. Virus tidak sanggup diamati memakai mikroskop cahaya lantaran ukurannya sangat kecil, yaitu sekitar 0,2  mikron. Karenanya virus hanya sanggup diamati melalui mikroskop elektron.

§  Ciri-ciri virus yaitu sebagai berikut:

1.      Tubuh virus hanya terdiri dari protein dan asam inti (DNA saja atau RNA saja)
2.      Tubuh virus berukuran lebih kecil daripada sel
3.      Reproduksi virus terjadi dengan jalan mengkopi asam inti.

Tubuh virus hanya terdiri dari asam inti dan selubung protein. Virus tidak sanggup digolongkan kedalam sel lantaran tidak mempunyai sitoplasma dan organel. Karena badan virus yang demikian, ada sebagian andal yang menyampaikan virus yaitu molekul yang besar. Virus sanggup dikristalkan (ciri benda mati), tetapi sanggup dihidupkan kembali sehingga sanggup menginfeksi.

Dalam pembahasan sebelumnya kita telah membahas perihal Klasifikasi Makhluk Hidup PENJELASAN PENGERTIAN, CIRI CIRI, CARA HIDUP DAN REPRODUKSI VIRUS


Bentuk virus beraneka ragam. Ada yang bulat, menyerupai batang, dan ada pula yang bentuknya menyerupai hutuf T.

§  Cara hidup
Virus tidak sanggup hidup bebas di alam. Virus hanya sanggup hidup secara benalu pada tumbuhan, binatang atau manusia. Yang hidup benalu pada flora misalnya, menjadikan penyakit mosaik pada tembakau, basi pada sayuran, dan ajal pada jeruk. Yang hidup benalu pada binatang pada binatang misalnya, flu burung, penyakit tetelo pada ayam, serta penyakit kuku dan lisan pada ternak sapi. Yang hidup benalu pada insan menjadikan penyakit mata belek, polio, influenza, hepatitis, gondong, cacar, demam berdarah dan AIDS.

Contoh penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu penyakit AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome – sindrom runtuhnya kekebalan tubuh) disebabkan oleh nanah virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus HIV menyerang sel darah putih yang memproduksi zat kekebalan (antibodi). Akibatnya, badan penderita gampang terjangkit penyakit lain. Hingga ketika ini, AIDS belum ditemukan obat dan penangkalnya.

§  Reproduksi Virus
Cara virus berkembang biak berbeda dengan cara berkembang biak makhluk hidup. jikalau menginfeksi sel, virus memasukkan asam pada dasarnya ke dalam sel inang. Selanjutnya asam inti itu memperbanyak diri di dalam sel inang sehingga sel inang menjadi rusak. Kemudian virus akan keluar menjadi sel inang.