Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan, Aman Dan Efektif

Mungkin sebagian guru maupun pemberi bahan sering bertanya-tanya “Bagaimana biar suasana dalam kelas terasa lebih menyenangkan dan kondusif” atau mungkin bertanya “Bagaimana biar suasana berguru mejadi lebih efektif ?”. 

Mungkin sebagian guru maupun pemberi bahan sering bertanya CARA MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN, KONDUSIF DAN EFEKTIF

Ya suasana berguru yang menyerupai itu sangat penting dalam membantu mempercepat proses pembelajaran para murid. Namun beberapa orang mungkin masih galau bagaimana cara mewujudkan itu semua. Hingga kesannya hanya monoton dengan cara-cara biasa menyerupai metode derma bahan kemudian derma latihan soal.

Cara tersebut usang kelamaan hanya akan membuat murid bosan dan tidak sanggup menumbuhkan semangat berguru murid. Bayangkan saja, apa yang anda rasakan jikalau setiap hari anda makan dengan sajian yang sama, apa yang anda rasakan? Bosan bukan? Pasti nafsu makan anda lama-kelamaan menurun bukan? Itu berlaku pula dalam pembelajaran.

Mungkin diawal murid anda akan terasa biasa saja, namun usang kelamaan niscaya akan bosan. Apalagi jikalau pembelajaran terjadi dihari yang tidak berdekatan menyerupai bimbingan berguru pada hari senin, rabu dan sabtu saja.  

Jika sudah jadwalnya menyerupai itu dan bahan anda membosankan, saya sanggup jamin murid anda akan ogah-ogahan dalam belajar. Berikut akan saya jelaskan sedikit tips membuat suasan pembelajaran yang menyenangkan, aman dan efektif: 

1. Jangan berikan bahan yang monoton

Hal ini ialah salah satu faktor yang membuat para murid merasa bosan. Biasanya para pemberi bahan hanya fokus terhadap derma bahan menyerupai klarifikasi dan latihan soal. Padahal sesekali perlu ada sedikit “hiburan” dalam pembelajaran.


Anda perlu sesekali menunjukkan sedikit games pada murid anda namun yang tetap berkaitan dalam pembelajaran. Ini perlu dilakukan biar tercipta suasan yang menyenangkan dalam pembelajaran. Dalam banyak penelitian menandakan suasana hati yang bahagia sanggup membuat proses pembelajaran semakin gampang dipahami.

2. Pacu murid untuk lebih aktif

Banyak cara biar sanggup memacu murid untuk lebih aktif. Anda sanggup mencoba sesekali menunjukkan tanya jawab secara lisan. Coba untuk menunjukkan tanya jawab yang sedikit mengejutkan murid anda, ini akan melatih mereka untuk berpikir lebih kritis.


Atau anda sanggup memberitahu mereka bahwa akan ada sesi tanya jawab sesudah klarifikasi materi, ini akan membuat murid anda berusaha mendengarkan apa yang anda bicarakan biar mereka sanggup menjawab ketika sesi tanya jawab nanti.

3. Coba berikan perhatian lebih kepada semua murid

Ada anggapan yang menyampaikan jikalau anda ingin menjadi murid yang dikenal oleh guru anda, anda harus sanggup menjadi murid yang “paling”, baik itu paling pintar, paling bodoh, paling rajin, palaing malas, dll. 

Coba untuk hilangkan anggapan itu! Berikan perhatian bukan hanya kepada murid yang “paling” saja namun kepada murid yang biasa-biasa juga. Coba ketika menunjukkan latihan soal anda berkeliling kelas dan berusaha berkomunikasi pada siswa yang biasa-biasa saja. Itu akan membuat murid itu merasa diperhatikan dan sanggup menumbuhkan semangat berguru mereka.

4. Optimalkan pembelajaran berkelompok

Dalam pembelajaran berkelompok anda sanggup melihat murid mana saja yang lebih menonjol dibandingkan yang lainnya.

Namun itu akan membuat ketergantungan pada murid tersebut. Coba untuk menunjukkan kendali kelompok pada murid yang kurang menonjol. Ini akan membuat semua murid lebih berpartisipasi dalam kelompoknya. 

5.Pacu murid untuk lebih berani mengeluarkan pendapat mereka sendiri

Dalam sesi tanya jawab anda sanggup menyelipkan beberapa pertanyaan kecerdikan yang memaksa murid anda untuk mengeluarkan pendapat mereka masing-masing. Setelah seseorang murid menjawab, perintahkan murid lain untuk menunjukkan jawaban atas pendapat murid pertama tadi. 

Umumnya akan muncul perdebatan disini. Ingat! Jangan hingga perdebatan membuat suasana jadi tidak kondusif.

6. Sesekali berikan hadiah


Cara ini sangat saya rekomendasikan. Anda sanggup sesekali menunjukkan mereka kuis atau sejenisnya pada murid anda. Anda sanggup menjanjikan hadiah bagi yang berhasil menjawabnya. Ini akan sangat menambah semangat berguru murid anda dan memotivasi mereka.

Demikian tips yang sanggup saya berikan. Ingat! Hanya loyalitas yang sanggup membuat totalitas!