Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian-Bagian, Cara Kerja Dan Penyakit Mata

Kita diberkati oleh Tuhan sepasang mata sebagai indera untuk melihat. Anugerah tersebut memungkinkan insan sanggup menikmati keindahan alam ini. Tapi, tahukah kau bahwa matamu menyerupai kamera? Bagian-bagian kamera semuanya ada dimatamu. Manusia telah mempunyai alat optik dan alat penglihatan yang maha sempurna, yaitu mata.


1.      Bagian-bagian mata

Kita diberkati oleh Tuhan sepasang mata sebagai indera untuk melihat BAGIAN-BAGIAN, CARA KERJA DAN PENYAKIT MATA


Mata insan mempunyai bagian-bagian yang hampir sangat sempurna. Berikut ialah bagian-bagian mata yang perlu kita ketahui.

a)      Kornea
Kornea merupakan cuilan mata yang bersifat tembus pandang dan berfungsi sebagai pelindung mata kita. Agar tetap bening dan bersih, kornea ini dibasahi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata.

b)     Cairan Aquenos
Di belakang kornea terdapat cairan yang disebut cairan aquenos yang berfungsi untuk membiaskan cahaya yang masuk sehingga terfokus ke lensa mata

c)      Iris
Iris atau selaput pelangi terdapat di belakang kornea dan berpigmen. Pigmen ini memilih warna pada mata seseorang.

d)     Pupil
Pupil terdapat ditengah-tengah iris. Pupil sanggup mengecil dan membesar, menyerupai fungsi diafragma pada kamera. Pupil sanggup membuka dan menutup secara otomatis tergantung pada cahaya yang masuk. Jika cahaya terang, pupil akan otomatis mengecil, sedangkan saat gelap, pupil akan otomatis membesar.

e)      Retina
Retina merupakan cuilan mata yang berbentuk selaput yang mengandung sel-sel indera. Retina berfungsi sebagai layar, daerah terbentuknya bayangan benda yang, menyerupai halnya sebuah pelat film pada kamera.


2.      Cara kerja mata sampai benda sanggup kita lihat
Agar benda terlihat terperinci oleh mata, bayangannya harus tepat jatuh di retina. Retina sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu bintik kuning yang peka terhadap cahaya dan bintik buta yang tidak peka terhadap cahaya. Pada retina terdapat banyak serabut sel saraf mata. Jika kau melihat sebuah benda, sel-sel saraf itu akan memberikan ke otak mu. Oleh alasannya ialah itu, supaya kau sanggup melihat benda dengan jelas, bayangan benda harus jatuh di bintik kuning mata mu.

Suatu benda hanya sanggup kau lihat apabila terdapat cahaya. Cahaya yang dipantulkan dari benda akan masuk kedalam menuju matamu melalui kornea dan dibiaskan oleh cairan di belakang kornea supaya jatuh tepat pada lensa. Oleh lensa mata diatur sedemikian rupa sehingga bayangannya sanggup jatuh tepat di retina. Rangsangan cahaya yang diterima oleh sel-sel indera, kemudian diteruskan menuju sentra penglihatan di otak untuk diterjemahkan. Perasaan mengungkapkan bahwa kau sanggup melihat sesuatu.


3.      Penyakit pada mata.

Kita diberkati oleh Tuhan sepasang mata sebagai indera untuk melihat BAGIAN-BAGIAN, CARA KERJA DAN PENYAKIT MATA


a)      Miopi
Miopi atau rabun jauh ialah salah satu jenis penyakit pada mata yang penglihatannya tampak buram bila melihat benda-benda jauh. Hal ini disebabkan bayangan berada jauh di depan retina. Untuk menolongnya harus memakai kacamata berlensa cekung atau lensa negatif yang bersifat divergen

b)     Hipermetropi
Pada umumnya hipermetropi atau rabun bersahabat disebabkan bayangan berada jauh di belakang retina. Penyakit ini harus ditolong oleh lensa cembung atau lensa positif.

c)      Presbiopi
Presbiopi merupakan penyakit mata yang lebih banyak disebabkan faktor usia. Penyakit ini ialah penyakit yang tidak sanggup melihat benda-benda jauh atau bersahabat dengan jelas. Untuk menolongnya harus dipakai kacamata lensa rangkap yang terdiri atas lensa cekung dan lensa cembung


Demikian klarifikasi mengenai BAGIAN-BAGIAN, CARA KERJA DAN PENYAKIT MATA, semoga sanggup bermanfaat.