Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam-Macam Hak Asasi Insan (Ham)

Sejak dilahirkan, setiap insan mempunyai seperangkat hak yang mesti dihormati pleh sesama insan lainnya. Hak tersebut merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang dianugerahkan kepada setiap insan sebagai nilai utama dalam diri manusia.

 setiap insan mempunyai seperangkat hak yang mesti dihormati pleh sesama insan lainnya PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM HAK ASASI MANUSIA (HAM)


Manusia juga dilahirkan dengan martabat yang sama serta hak asasi yang menempel padanya ialah hal utama yang menentukan martabat kemanusiaan. Tidak ada seorang insan pun yang berkuasa untuk mencabut hak-hak dasar ini dari insan lainnya.

1.      Pengertian hak asasi insan (HAM)

Istilah hak asasi insan (HAM) ialah terjemahan dari kalimat “droit de l ‘homme” dalam bahasa Prancis yang berarti hak manusia. Dalam bahasa Inggris Human Rights, dalam bahasa Belanda disebut Menselijke Rechten.

Hak asasi insan ialah hak serta kebebasan fundamental, yang bersumber pada kodrat insan sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dimiliki oleh setiap manusia, keberadaannya tidak bergantung pada ratifikasi pihak manapun, dan lantaran itu wajib dihormati, diakui, dijamin, dilindungi dan ditegaskan.

Penindasan terhadap HAM bertentangan dengan keadilan dan kemanusiaan, lantaran prinsip dasar keadilan dan kemanusiaan yakni bahwa setiap insan mempunyai martabat yang sama dengan hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang sama. Oleh karenanya, setiap insan dan setiap negara di dunia wajib mengakui serta menjunjung tinggi hak asasi insan (HAM) tanpa terkecuali.

Untuk mempertegas HAM maka dikuatkanlah dengan landasan aturan HAM sebagaimana dikemukakan dalam ketentuan pasal 1 angka 1 UU No. 39 wacana Hak Asasi Manusia.


2.      Macam-macam HAM

Secara garis besar, hak asasi insan di Indonesia sanggup dibedakan menjadi berikut:
a.       Hak asasi langsung (personal rights), mencakup hak kebebasan beragama, hak kebebasan menyatakan pendapat dan hak kebebasan berpartisipasi

b.      Hak asasi ekonomi dan harta milik (property rights), mencakup hak mempunyai sesuatu, hak membeli dan menjual sesuatu dan hak mengadakan perjanjian.

c.       Hak mendapakan perlakuan yang sama dalam aturan serta pemerintahan (right of legal quality) atau disebut juga dengan hak kesamaan hukum


d.      Hak asasi politik (political rights), mencakup hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, menentukan dan dipilih dalam pemilu, hak mendirikan partai politik, serta hak untuk mengajukan pendapat kepada pemerintah.



Demikian klarifikasi mengenai PENGERTIAN DANMACAM-MACAM HAK ASASI MANUSIA (HAM), supaya sanggup bermanfaat dan berkhasiat bagi semuanya.