Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Demokrasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa Dan Bernegara

Dalam sistem demokrasi setiap warga negara mempercayakan kepentingannya kepada wakil-wakil yang telah dipilihnya melalui pemilihan umum ( pemilu ). Itulah demokrasi dalam kehidupan berbangsa dab bernegara. Demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia dilaksanakan atas dasar nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sila kempat Pancasila merupakan nilai-nilai dasar demokrasi di Indonesia. Nilai-nilai demokrasi tidak saja sanggup diterapkan dalam kehidupan politik, namun juga dalam kehidupan bermasyarakat di bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi, dan budaya.

Dalam bidang ekonomi, bila nilai demokrasi diterapkan maka akan terwujud demokrasi ekonomi. Kehidupan ekonomi dijalankan atas dasar nilai-nilai demokrasi akan sanggup membuat kesejahteraan bersama.

Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan yang didasarkan pada nilai-nilai demokrasi akan tercipta ketentraman bersama alasannya yakni setiap orang saling menghormati, walaupun berbeda-beda.

Dalam kehidupan budaya, kalau nilai-nilai demokrasi diterapkan maka akan lahir kebudayaan demokrasi yang kreatif alasannya yakni demokrasi menjunjung tinggi kebebasan berkreasi setiap orang. Setiap orang akan berkreasi sesuai potensi nya tanap merasa tertekan dan terpaksa.

Berdasarkan uraian di atas sanggup disimpulkan bahwa demokrasi mempunyai arti yang amat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yakni:

1.      Terciptanya hubungan yang serasi antara warga negara dan pemerintah
2.      Tercipta ketertiban dan ketentraman bersama
3.      Berkembangnya kreativitas untuk membuat kebudayaan yang baik


Demokrasi hendaknya sanggup diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh alasannya yakni itu, penerapan demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara jauh amat penting untuk diwujudkan.

Penerapan demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menawarkan akreditasi dan penerapan menyeluruh atas demokrasi oleh bangsa dan negara yang bersangkutan. Bila demokrasi diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai dampaknya juga akn terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam sistem demokrasi setiap warga negara mempercayakan kepentingannya kepada wakil PENTINGNYA DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA

Sejak memasuki kurun reformasi serta diberlakukannya hasil-halis amandemen Undang-Undang Dasar 1945, demokrasi sudah diterapkan dalam penyelanggaraan berbangsa dan bernegara. Pemilu 2004 dan 2009 sudah dilaksanakan lebih bebas serta demokratis, hak-hak asasi masyarakat lebih dilindungi dan dijamin, serta aturan dibentuk lebih independen.

Secara umum, pelaksanaan demokrasi sudah lebih baik ketimbang waktu-waktu sebelumnya. Pelaksanaan demokrasi sanggup mengakibatkan tata kehidupan berbangsa dan bernegara kita bersifat demokratis. Sifat demokratis makin menjadi kebutuhan penting alasannya yakni aneka macam tuntutan keadaan masa kini.

Pentingnya tata kehidupan berbangsa serta bernegara yang demokratis di antaranya didasari oleh hal-hal berikut ini:

1.      Pemerintah dan negara berkewajiban memberi akreditasi terhadap hak asasi warga negara.
2.      Pemerintah dan negara berkewajiban menghormati dan menghargai harkat dan martabat kemanusiaan yang dimiliki warga negara.
3.      Pemerintah dan negara berkewajiban mengakui dan melakukan ketentuan bahwa kedaulatan negara berada di tangan rakyat.
4.      Sebagai pemegang mandat rakyat, pemerintah berkewajiban mematuhi ketentuan konstitusi wacana pelaksanaan demokrasi.
5.      Pelaksanaan demokrasi akan membuat dan mendorong rakyat untuk turut serta dalam proses pembuatan aneka macam peraturan perundang-undangan dan penyusunan aneka macam kebijakan


Demikian klarifikasi mengenai PENTINGNYA DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA, agar sanggup bermanfaat.