Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Dan Kaidah Atau Ciri Kebahasaan Teks Ulasan (Review) Film Dan Drama

1.      Struktur Teks Ulasan (Review) Film dan Drama
Teks ulasan film atau drama yaitu teks yang isinya berupa tinjauan, ulasan, kupasan, tafsiran, penilaian terhadap suatu karya, baik berupa film ataupun drama. Ulasan tersebut sanggup berupa komentar, kritik, maupun saran untuk mengetahui kelebihan atau kekurangan karya tersebut.

Teks ulasan film atau drama yaitu teks yang isinya berupa tinjauan STRUKTUR DAN KAIDAH ATAU CIRI KEBAHASAAN TEKS ULASAN (REVIEW) FILM DAN DRAMA


Struktur teks ulasan film atau drama yaitu sebagai berikut:
a.       Orientasi, bab teks yang berupa gambar umum film ataupun drama yang akan diulas, contohnya judul, kegunaan, dan sebagainya.

b.      Tafsiran isi, memuat pandangan penulis mengenai film atau drama yang diulas. Pada bab ini, pengulas membandingkan karya tersebut dengan karya orang lain yang dianggap mirip. Pengulas juga menilai kekurangan serta kelebihan film atau drama dari sisi setting waktu, tokoh, pendidikan, dan serta cara pengambilan sudut pandang film atupun drama.

c.       Evaluasi, berisi penilaian terhadap film atau drama, penampilan dan produksi. Bagian ini pun berisi perihal citra terperinci film ataupun drama yang diulas.

d.      Rangkuman, pada bab ini penulis memperlihatkan ulasan final berupa simpulan film ataupun drama tersebut. Dalam hal ini, penulis memberikan opini menurut ulasan tersebut.


2.      Kaidah atau Ciri Kebahasaan Teks Ulasan (Review) Film dan Drama
Teks ulasan yang baik harus disusun sesuai dengan struktur teks dan memakai kaidah kebahasaan, termasuk kaidah ejaan.

Berikut ini yaitu pola kaidah kebahasaan dalam teks ulasan film atau drama.
a.       Istilah
Istilah yaitu kata atau adonan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan ataupun sifat yang khas dalam bidang tertentu.
Istilah khusus yaitu istilah yang dipakai dalam bidang tertentu dan pemakaiannya hanya dipahami oleh orang yang berkecimpung dalam bidnag tersebut.

b.      Sinonim dan antonim
Sinonoim yaitu dua kata yang mempunyai bentuk yang berbeda, namun mempunyai arti atau pengertian yang sangat mirip. Sedangkan, antonim yaitu dua kata yang berlawanan satu dengan yang lainnya.

c.       Verba (kata kerja)
Verba terdiri dari verba aktif dan verba pasif. Verba aktif yaitu verba yang subjeknya berperan sebagai pelaku utama dalam suatu perbuatan. Sedangkan, verba pasif yaitu verba yang subjeknya berperan sebagai target tindakan.

d.      Nomina
Nomina atau kata benda yaitu kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang, tempat, ataupun lainnya. Misalnya, meja, dingklik dan perumahan.

e.       Pronomina
Pronomina atau kata ganti yaitu jenis kata yang menggantikan nomina. Misalnya, saudara, bapak, ibu dan nyonya.

f.       Konjungsi
Konjungsi atau kata hubung yaitu kata kiprah yang berfungsi menghubungkan dua buah klausa, kalimat maupun paragraf. Misalnya, dan, atau, tetapi, jikalau dan agar

g.      Preposisi
Preposisi yaitu kata kiprah yang berfungsi sebagai unsur pembentuk frasa preposisional. Misalnya, di, ke, dari dan pada

h.      Artikel
Artikel yaitu kata kiprah yang membatasi makna jumlah nomina. Misalnya si dan sang.

i.        Kalimat simpleks dan kompleks
Kalimat simpleks yaitu kalimat yang mempunyai satu verba utama. Misalnya, “Sinetron percintaan banyak digemari kaum muda”.
Sedangkan, kalimat kompleks yaitu kalimat yang mempunyai dua verba bahkan lebih. Misalnya, “Sci-Fi yaitu jenis film yang dikembangkan untuk mendapatkan dasar pembuatan alur film yang sesuai”.


Demikian klarifikasi mengenai STRUKTUR DAN KAIDAH ATAU CIRI KEBAHASAAN TEKS ULASAN (REVIEW) FILM DAN DRAMA, semoga sanggup bermanfaat.