Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Macam-Macam Demokrasi

1.      Pengertian demokrasi
Demokrasi mempunyai pengertian yang bermacam-macam. Demokrasi sering diartikan beda pendapat. Begitu banyaknya pengertian demokrasi sering menciptakan orang salah menafsirkannya. Dengan demikian, apa demokrasi itu?

Demokrasi mempunyai pengertian yang bermacam PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DEMOKRASI


Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani Kuno yang diutarakan di Athena Kuno pada kurun ke-5 SM. Negara ini biasanya dianggap sebagai teladan awal dari sebuah sistem yang bekerjasama dengan aturan demokrasi modern.

Kata “demokrasi” berasal dari dua kata, yakni demos yang artinya rakyat serta kratos yang artinya pemerintahan, sehingga sanggup diartikan sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat serta untuk rakyat.

Dapat disimpulkan, bahwa pengertian demokrasi yaitu bentuk pemerintahan yang berasal dari rakyat, dilakukan oleh rakyat, dan dipergunakan untuk kepentingan rakyat. Namun dalam perkembangannya, demokrasi tidak hanya sebagai bentuk pemerintahan, namun sudah menjadi sistem politik dan perilaku hidup

2.      Macam-macam demokrasi
Menurut cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dibedakan dari:
a.       Demokrasi langsung
Demokrasi pribadi yaitu paham demokrasi yang mengikutsertakan tiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk memilih akal umum ataupun undang-undang.

b.      Demokrasi tidak langsung
Demokrasi tidak pribadi yaitu paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan. Pada demokrasi ini biasanya dilaksanakan melalui tahap pemilihan umum.

Menurut dasar prinsip ideologi, demokrasi dibedakan atas:
a.       Demokrasi konstitusional (demokrasi liberal)
Demokrasi konstitusional yaitu demokrasi yang didasarkan pada kebebeasan atau individualisme. Ciri khas pemerintahan demokrasi konstitusional yaitu kekuasaan pemerintahannya terbatas dan tidak diperkenakan banyak campur tangan dan bertindak diktatorial terhadap warganya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.

b.      Demokrasi rakyat (demokrasi proletar)
Demokrasi rakyat, disebut juga demokrasi proletar yang berhaluan marxisme-komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan hidup yang tidak mengenal kelas sosial. Manusia dibebaskan dari keterikatannya kepada pemilikan pribadi tanpa ada penindasan serta paksaan. Akan tetapi, untuk mencapai, untuk mencapai masyarakat tersebut perlu dilakukan cara paksa atau kekerasan.

BACA JUGA: PENTINGNYA DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA


Menurut dasar yang menjadi titik perhatian ataupun priotitasnya, demokrasi dibedakan atas:
a.       Demokrasi formal
Demokrasi formal yaitu suatu demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik, tanpa disertai upaya untuk mengurangi ataupun menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi.

b.      Demokrasi material
Demokrasi material yaitu demokrasi yang dititikberatkan pada upaya-upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan bidang politik kurang diperhatikan.

c.       Demokrasi campuran
Demokrasi gabungan yaitu demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari demokrasi formal dan demokrasi material.

Menurut dasar wewenang dan kekerabatan antara alat kelengkapan negara, demokrasi dibedakan dari:
a.       Demokrasi sistem parlementer
Dalam sistem ini, kekuatan legislatif lebih berpengaruh daripada eksekutif, menteri-menteri (kabinet) bertanggung jawab kepada DPR.

b.      Demokrasi sistem presidensial
Dalam sistem ini, presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Menteri-menteri bertanggung jawab kepada presiden. Antara presiden dan dewan perwakilan rakyat tidak saling menjatuhkan.


Demikian klarifikasi mengenai PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM DEMOKRASI, biar sanggup dipercaya.