Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara-Negara Yang Berbatasan Dengan Batas Wilayah Indonesia

Setiap wilayah sudah niscaya mempunyai batas. Rumah yang kita tempati pun tentunya mempunyai batas, begitupun dengan sekolah kita yang pastinya mempunyai batas wilayah menyerupai dibatasi oleh bangunan lain, jalan, dan sebagainya.

Setiap wilayah sudah niscaya mempunyai batas NEGARA-NEGARA YANG BERBATASAN DENGAN BATAS WILAYAH INDONESIA


Lalu, bagaimana dengan batas Wilayah Indonesia? Sama halnya dengan negara-negara lainnya, Indonesia mempunyai batas-batas tertentu untuk wilayahnya. Indonesia ialah negara maritim, dimana dua pertiga luas wilayah Indonesia ialah lautan. Jadi, tidaklah mengherankan kalau batas-batas wilayah maritim Indonesia berafiliasi dengan 10 negara sedangkan perbatasn wilayah darat Indonesia hanyalah berafiliasi dengan tiga negara. Berikut ini akan dipaparkan batas-batas wilayah Indonesia di sebelah utara, barat, timur serta selatan.

a.      Batas-batas wilayah Indonesia sebelah utara
Indonesia berbatasan pribadi dengan Malaysia (bagian timur), tepatnya disebelah utara Pulau Kalimantan. Malaysia ialah negara yang berbatasan pribadi dengan wilayah darat Indonesia. Wilayah maritim Indonesia sebelah utara berbatasan pribadi dengan maritim lima negara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, sera Filipina.

b.      Batas-batas wilayah Indonesia sebelah barat
Sebelah barat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berbatasan pribadi dengan Samudra Hindia serta perairan negara India. Tidak ada negara yang berbatasan pribadi dengan Indonesia di sebelah barat.

Walaupun secara geografis daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India, namun keduanya mempunyai batas-batas wilayah yang terletak di titik-titik tertentu sekitar Samudra Hindia serta Laut Andaman. Dua pulau yang menandai perbatasan Indonesia-India ialah Pulau Rote di Aceh serta Pulau Nicobar di India.


c.       Batas-batas wilayah Indonesia sebelah timur
Wilayah timur Indonesia berbatasan pribadi dengan daratan Papua Nugine serta perairan Samudra Pasifik. Indonesia dan Papua Nugini sudah menyepakati korelasi bilateral antarkedua negara perihal batas-batas wilayah, tidak hanya wilayah darat melainkan juga wilayah lautnya.

Wilayah Indonesia sebelah timur, yakni Provinsi Papua berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat, yakni Provinsi Barat (Fly) serta Provinsi Sepik Barat (Sandaun)

d.      Batas-batas wialyah Indonesia sebelah selatan
Indonesia sebalah selatan berbatasan pribadi dengan wialyah darat Timor Leste, perairan Australia serta Samudra Hindia. Timor Leste merupakan negara bekas wilayah Indonesia yang telah memisahkan diri menjadi negara sendiri di tahun 1999, dulu wilayah ini dikenal dengan Provinsi Timor Timur. Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ialah Provinsi yang berbatasan pribadi dengan wialyah Timor Leste, tepatnya di Kabupaten Belu.

Selain itu, Indonesia pun berbatasan dengan perairan Australia. Diawal tahun 1997, Indonesia dan Australia telah menyepakati batas-batas wilayah negara keduanya yang mencakup Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) serta batas landas kontonen.


Demikian klarifikasi mengenai NEGARA-NEGARA YANG BERBATASAN DENGAN BATAS WILAYAH INDONESIA, supaya sanggup bermanfaat.