Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kronologi Terbentuknya Identitas Nasional Bangsa Indonesia



1.      Kronologi Penggunaan Bahasa Indonesia
Sejak berabad-abad lalu, bahasa melayu dikenal sebagai bahasa pengantar antar kawasan Indonesia.
a.    Sudah dari dulu banyak digunakan dalam bidang ekonomi daripada bidang pilitik sehingga bahasa “melayu” lebih dikenal sebagai bahasa perdagangan di pusat-pusat perdagangan di nusantara.
b.   Dalam penyebaran agama islam dan kristen, bahasa melayu dipergunakan sebagai bahasa penghubung/perantara.
c.    Ketika imperialisme Barat mulai campur tangan dalam bidang perdagangan dan politik, Bahasa Melayu pun dipakan untuk perjanjian-perjanjian, selain bahasa Belanda.
d.   Dalam bidang pendidikan, bahasa melayu digunakan untuk tujuan mendapat tenaga manajemen rendahan.
e.    Munculnya elit politik gres di Indonesia sebagai hasil politik etis. Hal ini telah menumbuhkan beberapa organisasi politik. Dengan menggunakan bahasa melayu disamping bahasa belanda.
f.    Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 ialah penegasan yang nyata. Rumusan sumpah perjaka memperlihatkan bahasa Melayu, yang awalnya hanya digunakan oleh suku melayu, dinyatakan sebagai bahasa persatuan nasional dan diberi bahasa Indonesia.

 bahasa melayu dikenal sebagai bahasa pengantar antar kawasan Indonesia KRONOLOGI TERBENTUKNYA IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA


2.      Penggunaan Nama Indonesia
Penggunaan kata “ Indonesia “ untuk wilayah Nusantara, mulai dikenalkan pada pertengahan periode ke-19.
a.       G.R. Logan, ialah seorang pegawai pemerintah Inggris di Penang (Malaysia). Isa ialah seorang redaktur majalah Journal of The Indian Archipelago ansd Eastern Asia, telah berjasa memperkenalkan kata “Indonesia” dalam artikelnya pada majalah tersebut yaitu pada tahun 1850. Nama Indonesia digunakan intuk menyebut kepulauan dan penduduk di Nusantara.
b.      Di Singapura, ialah seorang etnolog dan perwira kolonial Inggris berjulukan George Windsor Eari, beliau juga andal bahasa Melayu, Menulis disebuah majalah Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia. Karyanya wacana ciri-ciri utama penduduk di Nusantara dan pendduk orisinil Australiaa. Ia menggunakan istilah Indonesians dan Melayu-nesians bagi penduduk kepulalauan.
c.       Adolf Bastia, menyatakan kata “ indonesia” berasal dari kata india dari bahasa latin untuk Hindia dan kata nesos dari bahasa Yunani untuk kepulauan, Sehingga kata “indonesia” sanggup berarti kepulauan Hindia. Tetapi beliau lebih menentukan istilah Melayu-Nesians, alasannya ialah pengertiannya khusus untuk kepulauan di Nusantara.
d.      Dari karya karya guru besar universitas di negara Belanda menyerupai Van vollen, Snouch Hurgronje R.A. Kern, dan lain-lain. Istilah Uindonesisch, Indonesia dan Indonesier makin tersebar luas.
e.       Puncaknya pada tanggal 28 Oktober 1928, kata “Indonesia” lebih umum digunakan oleh orang-orang indonesia. Dari situ pula menuntuk kepada pemerintah Belanda untuk mengganti istilah Nederlandsch-Indie dan Inlander dengan Indonesia dan Indonesier.

Demikian Pembahasan Tentang KRONOLOGI TERBENTUKNYA IDENTITAS NASIONAL BANGSA INDONESIA. Semoga sanggup bermanfaat untuk pengetahuan anak bangsa. Terimakasih sudah berkunjung :D