Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah

Berikut ini Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah
I. Pilihlah tanggapan yang benar dengan memberi tanda silang (X) abjad A, B, C, atau D pada lembar jawaban!
 1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 perihal Standar Kepala Sekolah/Madrasah menyebutkan bahwa dimensi kompetensi supervisi meliputi ….
A. Mengidentifikasi permasalahan, merencanakan melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi
B Merencanakan, melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut supervisi
C Merencanakan, mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan,melaksanakan supervisi
D Mengidentifikasi permasalahan, menyusun alternatif pemecahan, merencanakan, melaksanakan dan melaksanakan tindak lanjut
2. Dalam supervisi akademik, kemampuan guru yang disasarkan dalam supervisi meliputi ….
a. Pengetahuan, keterampilan mengajar, dan komitmen guru
b. Pengetahuan, keterampilan mengajar, sikap guru
c. Penguasaan materi, metode mengajar, pengelolaan kelas guru
d. Silabus, planning pembelajaran, penilaian guru
3. Kepala sekolah yang melaksanakan supervisi dengan maksud untuk mengawasi kinerja guru dan menganggap guru sebagai bawahannya yaitu bukan seorang supervisor yang baik lantaran ….
a. sikap supervisi yang dilakukan kurang manusiawi
b. sikap supervisi yang dilakukan tidak kooperatif
c. sikap supervisi yang dilakukan tidak sesuai dengan fakta
d. sikap supervisi yang dilakukan menyalahi ketentuan
4. Supervisi yang dirancang sebagai pendekatan dalam melaksanakan supervisi pengajaran terhadap calon guru yang sedang berpraktek mengajar untuk membantu calon guru memodifikasi pola-pola pengajaran yang tidak atau kurang efektif yaitu ….
a. supervisi akademik
b. supervisi klinis
c. supervisi pengajaran
d. supervisi praktek mengajar
5. Tugas tim pengembang kurikulum di sekolah ialah sebagai berikut, kecuali ….
a. menyusun dasar-dasar hukum, kerangka dasar serta acara inti kurikulum
b. memperlihatkan alternatif konsep pendidikan dan model kurikulum yang dipandang paling sesuai dengan perkembangan zaman
c. mengimplementasikan, menilai dan menyempurnakan kurikulum
d. mengartikulasikan kurikulum dan melaksanakan koordinasi segala pengalaman belajar
6. Dimensi kepemimpinan meliputi antara lain ….
a. memprovokasi, mempengaruhi, meningkatkan dan mengembangkan
b. mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan
c. membagi peran, mendelegasikan wewenang, mengatur strategi, dan membuat keputusan
d. memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindaklanjuti
7. Hakikat pembangunan tim didasarkan atas ….
a. kerjasama fungsional dan kolaborasi peran
b. pengambilan keputusan yang diambil secara partisipatif
c. kepemimpinan yang hanya percaya pada data yang benar
d. pengambilan keputusan yang aman
8. Tahapan dalam pembangunan tim antara lain ….
a. Benturan, Pembentukan, Kesepakatan, Puncak
b. Pembentukan, Kesepakatan, Benturan, Kemapanan
c. Pembentukan, Benturan, Kesepakatan, Puncak, KemapananSoal latihan Ujian Kompetensi Kepala Sekolah Tahun 2012 2
d. Benturan, Kesepakatan, Puncak, Kemapanan
9. Kewirausahaan meliputi tiga sikap utama, yakni ….
a. kreatif, komitmen, berani mengambil resiko dari kegagalan
b. sistematis, percaya diri, tegas
c. agresif, kompetitif, egoistis
d. dinamis, inovatif, cerdas
10. Cara menumbuhkan budaya mutu di lingkungan sekolah yaitu dengan cara ….
a. memperlihatkan reward kepada guru dan siswa yang berprestasi
b. peningkatan kualitas kehidupan beragama
c. mempunyai sasaran mutu yang tinggi
d. melaksanakan rapat evaluasi
Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah
11. Agar orang bau tanah dan guru saling mengenal merupakan ….
a. salah satu bentuk kekerabatan antara masyarakat dengan sekolah
b. tujuan dilaksanakannya kegiatan pertemuan antara orang bau tanah murid/ masyarakat dengan pihak sekolah
c. cara mendekatkan kebutuhan masyarakat dengan sekolah
d. teknik dalam melaksanakan kekerabatan kerjasama sekolah dengan masyarakat
12. Partisipasi sekolah dalam kegiatan masyarakat bertujuan untuk ….
a. pembentukan karakter anak didik
b. mencari nilai tambah bagi masyarakat
c. menumbuhkan kepekaan sosial sekolah terhadap masyarakat
d. mencari santunan sekolah dari masyarakat
13. Berikut yaitu tujuan pemeliharaan sarana dan prasarana di sekolah adalah, kecuali ….
a. mengoptimalkan usia pakai peralatan
b. pemeliharaan yang baik memperlihatkan hasil pekerjaan yang baik
c. menjamin ketersediaan peralatan yang dibutuhkan melalui pengecekan secara rutin dan teratur
d. menjamin kesiapan operasional peralatan untuk mendukung kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal
14. Perabot merupakan salah satu komponen sarana dan prasarana pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai berikut, kecuali ….
a. fungsi pendidikan
b. fungsi konstruktif
c. fungsi administrasi
d. fungsi penunjang
15. Tujuan dilaksanakannya kegiatan unit produksi/jasa yaitu sebagai berikut, kecuali ….
a. sebagai sumber pendanaan utama untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas, dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya
b. sarana praktek produksi secara pribadi bagi siswa
c. wahana training berbasis produksi/jasa bagi siswa
d. wahana untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa wirausaha guru dan siswa
16. Berikut ini yaitu faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan planning unit produksi dan jasa sekolah, kecuali ….
a. menentukan lokasi usaha
b. membaca peluang bisnis
c. mempersiapkan planning organisasi
d. meneliti pelaku pasar di masa terkini
17. Administrasi keuangan sekolah, manajemen kurikulum, manajemen kesiswaan, dan manajemen humas merupakan kegiatan tenaga manajemen sekolah yang berkaitan dengan kompetensi ketenagaan manajemen sekolah terutama kompetensi ….
a. sosial
b. teknis
c. manajerial
d. kepribadian
18. Di bawah ini yaitu usaha-usaha yang sanggup dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan tenaga manajemen sekolah, kecuali ....
a. melaksanakan PHK terhadap tenaga manajemen sekolah
b. memperlihatkan reward bagi tenaga manajemen sekolah yang berprestasi
c. memberi kesempatan tenaga manajemen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
d. mengirim tenaga manajemen untuk mengikuti training yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya
19. Penerapan prinsip manajemen keuangan di sekolah bertujuan sebagai berikut kecuali ….
a. meningkatkan akuntabilitas keuangan sekolah
b. meningkatkan transparansi keuangan sekolah
c. meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah
d. meminimalkan efisiensi penggunaan keuangan sekolah
20. Dalam perda disebutkan bahwa sekolah dihentikan memungut dana dari masyarakat. Usaha Anda selaku kepala sekolah di antaranya ….
a. menghapus kegiatan-kegiatan yang tidak mendapat dana dari BOS /pemerintah
b. membuka perjuangan sekolah yang sanggup menghasilkan sumber keuangan sekolah
c. mengajukan sumbangan kepada alumni yang telah sukses maupun perusahaan tertentu
d. melaksanakan koordinasi dengan komite sekolah semoga komite sekolah mendapat dana dari orang bau tanah siswa


Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah
21. Dalam pengalokasian keuangan sekolah terdapat istilah biaya personalia dan non personalia. Di bawah ini yaitu alokasi keuangan sekolah yang tergolong biaya personalia yaitu ....
a. pajak
b. tunjangan
c. jasa telekomunikasi
d. pemeliharaan sarana dan prasarana
22. Pengelolaan tenaga kependidikan merupakan rangkaian acara yang integral, bersangkutpaut dengan duduk kasus ….
a. perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
b. perekrutan, penempatan, pengembangan dan pemberhentian tenaga kependidikan
c. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan dan pemberhentian tenaga kependidikan
d. perencanaan, perekrutan, penempatan, pembinaan atau pengembangan, penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan
23. Di bawah ini salah satu bentuk tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan tenaga kependidikan yaitu ….
a. iklim kerja yang aman dan profesional
b. terciptanya sikap disiplin dalam melaksanakan tugas
c. profesi tenaga kependidikan belum mendapat ratifikasi dari masyarakat
d. produktivitas kerja tenaga kependidikan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan
24. Sebuah Sekolah Menengah Pertama negeri mempunyai 12 rombongan belajar. Masing-masing rombongan berguru menampung 30 siswa. Jumlah guru yang ada 12 orang dengan kualifikasi: S1 Matematika 2 orang, S1 Bahasa Inggris 2 orang, D3 IPS 1 orang, D3 Olah Raga 1 orang, S1 Bahasa Indonesia 2 orang, D3 PAI 1 orang, S1 IPA 2 orang, S1 TIK 1 orang. Berdasarkan kondisi di atas duduk kasus yang ditemukan yaitu ….
a. jumlah siswa per rombongan berguru tidak memenuhi standar
b. pendidik yang mempunyai kualifikasi pendidikan S1 kurang dari 100%Soal latihan Ujian Kompetensi Kepala Sekolah Tahun 2012 4
c. terdapat beberapa orang pendidik yang beban mengajarnya kurang dari 24 jam pelajaran
d. beberapa pendidik belum memenuhi dan melaksanakan proses pembelajaran sesuai standar proses
25. Hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS) menjadi referensi bagi tim pengembang sekolah untuk menentukan posisi tahapan pengembangan sekolah. Tahap ketiga dalam tahapan pengembangan sekolah mempunyai makna sebagai berikut:
a. Telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan, namun masih perlu peningkatan
b. Telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), terdapat beberapa kekuatan dan kelemahan
c. Memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), tidak mempunyai kelemahan dan mempunyai beberapa kekuatan
d. Belum memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM), mempunyai banyak kelemahan dan membutuhkan banyak perbaikan
26. Dalam penyusunan EDS, pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan memakai panduan yang disusun oleh BSNP dengan melibatkan beberapa komponen yaitu Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, Guru BK, Perwakilan Tenaga Kependidikan, dan Komite Sekolah. Tahap pengembangan EDS di atas termasuk tahap ke ....
a. satu,
b. dua
c. tiga
d. empat
27. Penentuan prioritas dalam Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) harus disetujui dalam musyawarah bersama antara sekolah dan stake-holder pendidikan. Di bawah ini yang termasuk kriteria keterlaksanaan, yaitu ….
a. Komitmen sekolah ketika kini untuk mewujudkannya.
b. Relevansi terhadap misi, visi, dan tujuan strategis sekolah
c. Dukungan sumber daya manusia, keahlian, energi,untuk mewujudkan.
d. Pentingnya pengembangan sekolah dalam kaitannya dengan semua faktor konteks
28. Empat tahap yang berkaitan dengan bagaimana pendidik dan peserta didik mempelajari dan menemukan percaya diri mereka dalam memakai TIK, yaitu ....
a. merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, menghasilkan
b. mengenali, memahami, mempraktekkan, menghasilkan
c. menemukan, mempelajari, memahami, menjadi ahli.
d. mengenali alat, memprogramkan, mempraktekkan alat, mengontrol pelaksanaan
29. Pemanfaatan TIK oleh sekolah yang dicirikan dengan adanya penggunaan TIK dalam manajemen sekolah dan dalam pembelajaran, termasuk pendekatan ….
a. Emerging
b. Applying
c. Infusing
d. Transforming
30. Definisi TIK berdasarkan UNESCO (2004) yaitu teknologi yang dipakai untuk berkomunikasi, menciptakan, mengelola dan mendistribusikan informasi. Yang tidak termasuk definisi umum TIK tersebut antara lain ….
a. komputer
b. televisi
c. telepon
d. mikroskop




Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah
31.       Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
A. Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
B. Visi harus mempunyai keunikan
C. Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
D. Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
32.       Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
A. visi tidak ditafsirkan secara berbeda
B. tujuan sanggup dicapai dengan mudah
C. misi sanggup dilaksanakan sebaik-baiknya
D. semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
33.       Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap forum pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus mempunyai visi yang salah satu tujuannya ialah semoga sekolah......
A. bisa mencapai standar internasional
B. bisa mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
C. bisa meraih keinginan bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi sekolah yang populer di lingkungannya
34.       Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
A. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan untuk menentukan acara sekolah
C. memberi motivasi siswa dalam melaksanakan tugasnya
D. meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
35.       Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar.......
A. keinginan sekolah sanggup tercapai sempurna waktu
B. pencapaian nilai murni sanggup dimaksimalkan
C. siswa sukses dalam bidang akademik
D. status sekolah mencapai taraf internasional
36.       Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
A. Setiap proses pembelajaran disepakati memakai perpustakaan sebagai somber belajar,
B. Menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
C. Diadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
D. Setiap proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
37.       Visi yaitu sebagai berikut:"Berprestasi, berbudaya, dan ber-IPTEK, serta dilandasi IMTAQ" dan salah satu misinya yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran.Salah satu tujuan jangka pendek yang terkait dengan misi tersebut adalah...
A. Sebagian guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No.41 Tahun 2007 perihal Standar Proses
B. Guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 perihal Standar Proses
C. Semua guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 perihal Standar Proses
D. Sebagian guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 perihal Standar Proses
38.       Untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan tersebut yaitu ...
A. Membuat surat edaran yang ditandatangani semua guru perihal kesediaan melaksanakan pembelajaran kontekstual,
B. Menugasi wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua mata pelajaran dan diperiksa perihal kegiatan pembelajarannya,
C. Sekolah mengadakan IHT perihal pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan efisiensinya,
D. Meningkatkan kegiatan MGMP sekolah untuk semua mata pelajaran.
39.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, perihal Standar Proses menentukan bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan  ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan......
A. Menghimbau kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
B. Melaksanakan workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di MGMPS serta  dipantau dan diadakan pembinaan secara intensif,
C. Selalu mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
D. Menugasi wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut.
40.       Pada ulangan harian pertama kelas X-2 ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang belum tuntas. Guru mata pelajaran tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, lantaran sudah mencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi duduk kasus di atas Kepala Sekolah melakukan.....
A. Mengingatkan kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel,
B. Membiarkan guru tersebut lantaran sudah sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP,
C. Menegur guru tersebut pada rapat dewan guru lantaran melaksanakan kesalahan penanganan dalam melaksanakan penilaian,
D. Membiarkan guru tersebut lantaran kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP


Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah
41.       Bentuk LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun 2007 yaitu .....
A. Satu nilai untuk satu mata pelajaran
B. Satu nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
C. Satu nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
D. Satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi kemajuan belajar,
42.       Pada ketika rapat dewan pendidik untuk memutuskan kelulusan siswa terdapat 3 siswa lulus Ujian Nasional tetapi tidak lulus ujian sekolah lantaran satu mata pelajaran ujian sekolah di bawah kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Menetapkan 3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
B. Menghimbau pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkut prestise sekolah,
C. Meluluskan 3 siswa tersebut lantaran ujian nasional mempunyai bobot lebih dari pada ujian sekolah,
D. Memerintahkan guru mata pelajaran yang mengakibatkan tidak lulus untuk menambah nilai semoga siswa tersebut lulus sekolah.
43.       Kegiatan pelayanan konseling sangat dibutuhkan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam acara pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
A. Mengabulkan usul tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
B. Tidak mengabulkan usul tersebut lantaran akan menambah beban berguru siswa
C. Mengabulkan usul tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam tersebut bukan merupakan beban berguru siswa,
D. Tidak mengabulkan usul tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
44.       Dewan guru menghendaki pada SMKS Taruna Bakti pada hari sabtu tidak ada kegiatan pembelajaran tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah .....
A. Tidak menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
B. Menyetujui atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta dilaksanakan dengan baik dan akuntabel,
C. Menyetujui tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
D. Tidak menyetujui lantaran akan merugikan siswa.
45.       Untuk meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik di sekolah tersebut. Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ...
A. Segera memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan secara verbal kepada seluruh siswa
B. Segera mebentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan kepada seluruh siswa
C. Segera membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku kepentingan di sekolah tersebut.
D. Segera membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru mapel
46.       Guna pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsure pada sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan yaitu .....
A. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
B. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola pada bidangnya,
C. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
D. Menetapkan wakil kepala Sekolah yang melaksanakan kiprah dan bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
47.       Dari hasil penilaian sekolah diakhir tahun, Sekolah Menengah kejuruan MAJU akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal tersebut, kepala Sekolah Menengah kejuruan MAJU melakukan.......
A. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
B. Membentuk TIM untuk menyusun RAPBS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah,
C. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
D. Membentuk TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah
48.       Agar penerimaan siswa gres pada Sekolah Menengah kejuruan WAJAR berjalan lancar dan terkendali, seharusnya sekolah tersebut ...
A. Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan,
B. Menyusun dan membuatkan edaran perihal PSB kepada masyarakat, sebelum PSB di laksanakan
C. Mensosialisasikan kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau media elektronika, sebelum PSB di laksanakan
D. Menyusun dan memutuskan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
49.       SMPN 1 Kotabaru akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen, sehingga usul dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah sanggup segera diberikan atau diketahui. Menyikapi hal tersebut di atas sekolah melakukan........
A. Memerintahkan wakil kepala untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal,
B. Menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam usul dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai materi laporan kepada Dinas Pendidikan Kota,
C. Membentuk TIM untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses melayani usul dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah,
D. Memerintahkan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan akomodasi informasi yang efisien, efektif, dan gampang diakses, sehingga sanggup melayani masyarakat secara optimal.
50.       Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusun pedoman operasional sekolah. Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ...
A. RKAS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
B. KTSP, Kaldik, Struktur Organlsasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah,
C. RAPBS, KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik,Daftar Hadir,
D. KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata Tertib Sekolah, Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,


loading...

= Baca Juga =