Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Kerikil Akik Orisinil Dan Kerikil Akik Bertuah

Saat ini  batu akik banyak orang membicarakan dan mengkoleksi Batu Akik untuk dijadikan perhiasan cincin di jari manisnya. Batu Mulia mirip Batu Merah Delima , Batu Safir , Batu Sulaeman , Kalimaya, dan Kecubung, Black Oval, Bacan, Batu Virus , memang sangat Trend ketika ini di Indonesia.
Tren kerikil akik telah menjadikan seruan kerikil akik jauh lebih tinggi dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. Hal itu tentu akan memunculkan banyak produk permata sintetis (palsu)  dipasaran. Jenis kerikil cincin atau permata sintetis biasanya dibentuk sebagai alternatif pilihan kerikil yang mendekati aslinya.

Batu Akik yang juga dikenal sebagai kerikil cincin atau kerikil mulia memang ketika ini tengah menjadi tren dan begitu popular di masyarakat. Keindahan serta keunikannya seperti telah menjadi magnet yang mempunyai daya pikat yang begitu besar kepada siapa saja yang melihatnya. Fenomena tersebut sanggup dengan gampang disaksikan di setiap lapak-lapak penjual kerikil cincin yang selalu ramai disambangi oleh para penggemar. Terlebih lagi disaat selesai pekan, lapak-lapak penjual kerikil cincin tersebut begitu membludak oleh para pembeli membeli maupun mereka yang tiba hanya untuk sekedar melihat-lihat.

Membeli kerikil akik atau permata memang seringkali menyulitkan terutama untuk membedakan jenis kerikil akik orisinil dengan permata palsu, terlebih jikalau permata yang hendak dibeli berharga jutaan atau puluhan juta rupiah, tentu saja sangat diharapkan kehati-hatian dan tidak terburu-buru ketika akan membelinya

Batu cincin memang mempunyai level-level atau kelas tertentu, contohnya mirip berlian, zamrud, ruby atau safir merupakan kerikil mulia yang dikategorikan sebagai kerikil permata yang tentunya hanya sanggup Anda temukan di penjual-penjual khusus. Sedangkan untuk jenis-jenis kerikil akik mirip jenis sulaiman, cempaka madu, duri bulan, pandan, anggur, badar besi dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan di banyak sekali lapak penjual kerikil cincin.

Keindahan batu-batu ini memang begitu memukau, terutama bagi para penghobi ataupun kolektor. Selain sebagai koleksi, kerikil akik juga kerap dijadikan di banyak sekali macam aksesoris, diantaranya mirip kalung, anting-anting, gelang atau cincin dengan jenis ikatan yang bisa diadaptasi dengan kebutuhan, selera dan kemampuan finansial. Bahan-bahan ikatan kerikil cincin biasanya bisa dari emas, perak, baja ataupun kuarsa (emas adonan 18 karat).

Harga kerikil cincin memang sangat bervariasi, dari mulai kerikil akik yang bernilai puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan hingga milyaran rupiah tergantung dari jenis dan juga kadar yang dikandungnya. Kegunaan kerikil cincin sejatinya memang diperuntukkan sebagai penambah keindahan bagi pemakainya. Meskipun demikian tak jarang juga orang yang beranggapan jikalau kerikil akik mempunyai aura bagi yang menggunakan.

Mahalnya kerikil mulia (batu akik) memang telah menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Terlebih lagi bisnis ini tak pernah sepi dari peminatnya. Memang banyak penjual kerikil cincin yang hanya menjual batu-batu asli, namun tak sedikit juga oknum yang memanfaatkan tren kerikil cincin ini untuk mencari laba dengan cara melaksanakan penipuan kepada konsumennya.



CIRI-CIRI BATU AKIK ASLI
Batu akik orisinil lebih berat dibandingkan dengan yang palsu, jikalau dipegang akan terasa lebih padat
Batu akik mempunyai unsur dingin, oleh kesannya jikalau ditempelkan ke kulit maka akan terasa masbodoh dan terasa sejuk.
Jika anda mempunyai 2 kerikil yang diyakini sama-sama kerikil orisinil jikalau dibenturkan satu sama lain biasanya keluar percikan api, cara tesnya bisa dilakukan ditempat gelap untuk memastikan ada percikan
Jika dibakar kerikil akan terasa panas, namun akan eksklusif masbodoh kembali dalam hitungan detik. Ini ialah sifat khas kerikil akik yang mempunyai unsur masbodoh sesaat sesudah dipanaskan. Selai itu jikalau dibakar kerikil itu terlihat gosong dan meninggalkan bekas yang susah terhapus sanggup dipastikan kerikil itu palsu. Batu orisinil jikalau dibakar akan tampak berair mirip berminyak tapi sesudah dihapus akan hilang seketika. Selain itu,  ketika dibakar dengan api putung rokok atau di bakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, sesudah usang di bakar atau di sulut niscaya akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, jikalau ASLI ketika di usap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau melekat berpengaruh dibatu
Batu mulia atau kerikil cincin yang orisinil kondisinya tak sanggup 100% mulus. Akan ada selalu ada kekurangannya baik dari segi tekstur luar maupun didalamnya, contohnya mirip tampak ada retakan atau berserat. Berbeda dengan kerikil sintetis (buatan) yang terlebih jauh lebih sempurna, tanpa serat sehingga tampak lebih halus dan jauh lebih bening mirip kaca.
Batu orisinil jikalau diteteskan air pada bab permukaannya yang licin tidak akan pecah
Batu akik (gemstone) lebih keras sehingga tidak akan lecet apabila digoreskan ke kaca. Justru sebaliknya, beling yang akan tergores.
  
Untuk meminimalisir kesalahan sesudah anda tetapkan membeli sebuah kerikil akik orisinil atau permata berikut ini beberapa langkah yang bisa anda lakukan :
1)       Mengajak orang yang mengenal seputar permata
2)       Harus bersabar jangan terburu-buru ketika akan membeli apalagi harga mahal
3)       Barang palsu bisa dibilang orisinil jikalau penjualnya tidak jujur
4)       Teliti dengan baik alasannya ialah akik orisinil atau palsu bisa dilihat secara kasat mata
5)       Kenali serat batu
6)       Saipkan alat berupa senter, beling pembesar dan alat lainnya
7)       Mencari informasi untuk membekali pengetahuan perihal permata sebelum tetapkan membeli permata mahal
8)       Menggunakan alat cara mengetes permata (banyak dijual dipasaran)
9)       Melihat 5C (carat (karat), cutting (potongan), colour (warna), clarity (kejernihan) dan juga certificate/sertifikat)
10)    Pergi ke laboratorium gemologi untuk cek keaslian (cara terbaik untuk terhindar dari kesalahan)

Batu mulia yang harganya mahal biasanya mempunyai sertifikat yang berisikan nama batu, nomer identitas batu, warna, berat, bentuk, dimensi dan cap resmi dari perusahaan yang mengeluarkan kerikil tersebut.
Adapun ilmu yang mempelajari pertama atau kerikil mulia dinamakan gemologi, sedangkan orang yang mendalami ilmu ini disebut sebagai gemolog. Jika ketika ini kebetulan Anda memang tengah mencari batu-batu permata berkelas dengan harga yang mahal, disarankan untuk berkonsultasi atau memakai jasa gemolog untuk memastikan keaslian serta kualitas dari kerikil permata yang akan dibeli biar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

CIRI BATU AKIK BERTUAH
Jenis Batu Akik Bertuah
1)   Batu Akik Tapak Jalak ialah kerikil yang secara alami mempunyai motif garis silang. Karena motifnya ibarat tanda tapak kaki burung Jalak, kerikil ini disebut sebagai kerikil tapak jalak. Batu tapak jalak dipercaya oleh sebagian orang sanggup memberi kewibawaan dan keselamatan. Batu ini diyakini beberapa orang sanggup menangkal santet, teluh, dan lainnya. (wartainfo.com)
2)   Motif kerikil Akik Junjung Drajat ini berbentuk garis bersiku. Dipercaya sebagian orang bahwa kerikil junjung drajat ini mempunyai khasiat untuk meningkatkan derajat kewibawaan, derajat perekonomian, dan derajat status social.
3)   Akik Pancawarna ialah kerikil akik dengan corak berwarna­warni. Kepercayaan sebagian orang menyebut bahwa kerikil ini menciptakan penggunanya memancarkan kharisma dan melindungi penggunanya dari kejahatan. (wartainfo.com)
Salah satu ciri Batu Akik Bertuah ialah jikalau ketika pertama sekali anda memakai kerikil akik tersebut malamnya anda bermimpi , bisa dipastikan kerikil akik tersebut mempunyai khodam . Hal ini akan terjadi selama 3 hari bahkan hingga seminggu . Penyesuaian fisik anda dengan kekuatan mistik menciptakan anda bermimpi disaat sedang tidur . Untuk mimpinya sendiri majemuk . Jika anda mimpi indah , maka kerikil tersebut baik untuk anda . Jika anda selalu bermimpi buruk, bisa dipastikan bahwa batu bertuah tersebut tidak baik untuk anda.
Selain itu ada pula teknik untuk mengenali kerikil akik bertuah, yakni dengan cara
1. Lihatlah dengan cermat benda tersebut.
2. Pakai atau pegang benda tersebut pelan-pelan saja
3. Bukalah mata “batin” yang intuitif, dan ketahui apa yang ada di dalam cincin… Rasakan energi batin apa yang muncul…dingin, panas, damai, kisruh, celaka, harapan, kasih sayang…dan seterusnya… Benda niscaya memancarkan sejarah tertentu. Ia merekam dan menyerap sebuah fakta-fakta dan riwayat sejarah yang panjang. Ingat benda ialah saksi bisu yang bisa “bicara” yaitu bahasa alam.
4. Benda bertuah bisa mendatangkan imbas negatif yang tidak kita sadari. Ini bisa akhir energi alamiah benda tersebut, namun juga ulah “sesuatu” yang metafisis.
5. Lebih dalam lagi, bila terasa ada “sesuatu” di dalam benda tersebut maka lakukan terus pendeteksian. “Sesuatu” yang saya maksud ialah makhluk halus. (Makhluk ini bisa mendatangkan perasaan gelisah, anak isteri tiba-tiba nakal, penghuni keluarga sakit-sakitan,… disamping mendatangkan efek, contohnya gampang cari uang, enteng jodoh dan sebagainya)
6. Bila pendeteksian belum berhasil, maka boleh memakai cara ini: Letakkan benda bertuah tadi di bawah bantal dan mohonkan pada Tuhan biar berkenan untuk menawarkan informasi terkait benda tersebut. Makhluk halus biasanya muncul dalam mimpi…
7. Bila Anda bisa berkomunikasi dengan makhluk halus “penunggu” benda tersebut akan lebih baik. Anda bisa membuatkan kebijaksanaan, dan mengajaknya untuk mengutarakan kenapa beliau setia menunggui benda tersebut dan seterusnya.