Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi Dan Unsur-Unsur Dari Kerajinan Limbah Tekstil

1.      PENGERTIAN

Limbah tekstil merupakan limbah yang dihasilkan dari proses pengkanjian, penghilangan kanji, penggelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan hingga proses penyempurnaan. Proses penyempurnaan kapas menghasil kan limbah yang lebih banyak dan lebih berpengaruh dari pada limbah daripada proses penyempurnaan materi sistesis. Jadi, kerajinan limbah tekstil merupakan suatu karya tangan yang dihasilkan oleh buangan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga).

2.      JENIS-JENIS

 Proses penyempurnaan kapas menghasil kan limbah yang lebih banyak dan lebih berpengaruh dari pad PENGERTIAN, JENIS-JENIS, FUNGSI DAN UNSUR-UNSUR DARI KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL


Jenis produk kerajinan limbah tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu:

1. Benda Hias, merupakan kerajinan limbah tekstil yang lebih mengutamakan unsur estetika atau keindahannya disamping kegunaannya. Contohnya yaitu lukisan
2. Benda Pakai, merupakan kerajinan limbah tekstil yang lebih mengedepankan fungsi kerajinan tersebut di kehidupan sehari-hari. Contohnya yaitu pakaian

3.      FUNGSI KARYA KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

    Secara garis besar, fungsi kerajinan limbah tekstil terbagi atas:

1.      Berfungsi sebagai benda hiasan. Dengan berfungsi sebagai benda hiasan, maka nilai estetik sangat dibutuhkan.
2.      Di samping sekedar sebagai benda hiasan, banyak kita jumpai mempunyai fungsi sebagai benda praktis, alasannya yaitu fungsi merupakan hal yang diprioritaskan dalam berbagai kerajinan Tekstil.
3.      Di samping sebagai benda hiasan dan terapan, karya kerajinan Tekstil juga berfungsi sebagai mainan. Meskipun sebagai benda mainan, karya kerajinan jenis ini tetap mempertahankan nilai-nilai estetika.
4.      Kerajinan limbah tekstil juga diperlukan sebagai sarana pelestarian alam dan kebudayaan.

4.      UNSUR KARYA KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

Unsur Estetika merupakan unsur keindahan bentuk, yang selalu bergantung pada sentuhan keindahan atau nilai estetis. Karena itu, dalam pembuatannya, seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni menyerupai garis, bidang, bentuk, warna, komposisi dan lain-lain dari benda berbahan baku limbah tekstil yang akan dibuat menjadi kerajinan.

Sedangkan unsur Ergonomis merupakan dalam teori desain dikenal sebagai prinsip form follow function, yaitu bentuk desain yang mengikuti fungsi. Kaprikornus Unsur ergonomis yaitu unsur tekstil yang mengutamakan kenyamanan penggunaannya, misalkan pakaian batik atau pakaian dari materi kain seperti tenun, songket dan tapis.
Ada tiga aspek desain yang harus dimiliki kalau suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus mempunyai aspek berupa keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).

 Proses penyempurnaan kapas menghasil kan limbah yang lebih banyak dan lebih berpengaruh dari pad PENGERTIAN, JENIS-JENIS, FUNGSI DAN UNSUR-UNSUR DARI KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL



Demikian klarifikasi mengenai PENGERTIAN, JENIS-JENIS, FUNGSIDAN UNSUR-UNSUR DARI KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL, supaya sanggup bermanfaat.