Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tetapkan Harapan Hidup

                Mengapa sebagian orang kurang termotivasi untuk belajar? Biasanya, salah satu faktornya yaitu belum mempunyai tujuan yang jelas. bila punya tujuan atua target yang jelas, mereka niscaya akan mempunyai motivasi yang besar untuk berguru sehingga mempunyai fokus dan arah,

                Memulai segala sesuatu dengan lebih dahulu menetapkan tujuan yang terperinci yaitu langkah awal yang penting. Manfaatnya tidak hanya lebih cepat tiba di kawasan yang dituju, tetapi juga lebih puas sebab tiba di kawasan yang memang dibutuhkan atau diimpikan. Demikian halnya dengan hidup, ketika ingin meraih masa depan yang kita cita-citakan atau target hidup yang kita inginkan biar kita sanggup menikmati kebahagiaan atau kepuasan akan hal itu, sebaiknya kita harus menetapkan tujuan dengan jelas.

Cara Menetapkan Impian Hidup

 Mengapa sebagian orang kurang termotivasi untuk berguru CARA MENETAPKAN IMPIAN HIDUP


                bermimpi atau menetapkan impian hidup itu tidak gampang dan juga tidak mahal. Hanya dibutuhkan keberanian atau kenekadan biar sanggup mempunyai impian hidup yang benar-benar kita yakini menjadi fokus dan arah kita, mari lakukan latihan ini:

                Pertama, Bayangkan
Ambil waktu damai 10 hingga 30 menit di kamar. Sediakan kertas kosong dan pena untuk menulis. Jika dibutuhkan suasana yang lebih khusyuk, matikan penerangan dan gantikan dengan lilin kecil. Baik juga bila dibantu dengan musik instrumental. Kata kuncinya yaitu bayangkan. Bayangkan suasana atau keadaan yang paling kau rindukan baik dari masa lalu, masa kini atau masa yang akan datang. Lalu dari bayangan itu, ambil satu bayangan terkuat yang terdapat dalam imajinasimu. Genggam erat dalam perasaan di kepalan tanganmu, sehabis mengenggam bayangan itu, bukalah matamu.

                Kedua, Tuliskan
Setelah matamu terbuka, segera tuliskan bayangan terkuat tersebut pada kertas yang sudah kau sediakan. Jika ingin memperoleh impian yang lebih berpengaruh dan benar-benar hidup, sebaiknya tuliskan impian tersebut berulang-ulang pada kertas kosong. Kemudian bingkailah atau tempel di dinding kamarmu, biar setiap hari dibaca.

                Ketiga, Buat kisah detailnya
Untuk memperjelas citra impia tersebut, mulailah merangkai satu kisah pemerolehan impian itu pada masa yang akan datang. Tuliskan dengan detail. Jika yang terbayang yaitu suasana bahagia, tersenyumlah. Jika yang terbayang mengharukan, jangan halangi air matamu menetes biar impian tersebut sudah menjadi realita bayanganmu pada dikala ini.

                Keempat, Kumandangkan
Kata-kata merupakan potongan doa yang akan menjadi keadaan riil kita pada masa sehabis kata-kata itu terucapkan. Adakalanya kata-kata itu cepat terjadi, namun adakalanya agak lama. Karena itu, ceritakanlah impian hidupmu kepada orang-orang yang menyayangimu. Kumandangkan dengan lantang, dengan jelas, dan dengan sebuah keyakinan bahwa impian tersebut akan menjadi kenyataan.
               

Kelima, Visualisasikan
Setelah langkah perta hingga keempat dilakukan,cbagian terpenting yaitu menvisualisasikan impian hidup tersebut. Bawalah impian itu ke dalam doa sesuai dengan agama dan kepercayaanmu.

                Jika kita menciptakan sebuah impian yang besar tetapi tidak mempunyai citra detail, jadinya yaitu impian itu tidak tercapai. Impian yang punya kemungkinan sangat besar untuk tercapai haruslah mempunyai kriteria berikut:

Impian yang jelas: 
Impian yang besar tetapi hanya ada di kepala cenderung tidak kesampaian. Tetapi impian yang sederhana bila ditulis dengan terperinci akan cenderung tercapai. Contohnya, keinginan menerima nilai Matematika 9 yang hanya di dalam kepala berbeda dengan keinginan menerima nilai Matematika 9 yang dituliskan di buku catetan Matematika.

Impian yang detail: 
semakin detail impian yang kau tulis, akan semakin bagus. Sangat berbeda tentunya, bila saya bilang bahwa saya akan menjadi Presiden dengan ucapan saya ingin jadi Presiden pada tahun 2030.

Impian besar yang dibagi menjadi bagian-bagian kecil: 
Impian yang besar tidak akna mungkin tercapai tanpa mencapai impian-impian yang kecil. Sementara impian-impian yang kecil tersebut yaitu jembatan yang menghubungkan kita kepada impian yang besar. Maka urailah impian besarmu bersama impian-impian kecil.


                Dan untuk melaksanakan itu, kau tidak perlu mencari-cari modal lain. Kamu tidak perlu meminta-meminta atau meminjam modal sebab bergotong-royong kau sudah memilikinya. Itu berjulukan otak. Sungguh sebuah keajaiban, di dikala kau berani menciptakan impian hidup, menuliskannya, kemudian membawanya ke dalam otak bawah sadar, serta menceritakannya kepada orang terdekatmu.