Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akibat Perang Dunia Ii Dalam Aneka Macam Bidang

Perang Dunia II yang berlangsung antara tahun 1939-1945 menyebabkan efek besar di bidang politik, ekonomi, sosial dan keamanan bagi negara-negara di dunia. Pengaruhnya ada di aneka macam bidang bidang, yaitu bidang politik, bidang ekonomi, bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang keamanan.



a.      Bidang politik
Akibat yang muncul di bidang politik pasca Perang Dunia II, antara lain sebagai berikut:
1)      Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet) sebagai pemenang dalam Perang Dunia II tumbuh menjadi negara raksasa (adikuasa).
2)      Terjadinya perebutan efek antara Amerika Serikat dan Uni Soviet yang menyebabkan Perang Dingin. Apabila keduanya berimbang, akan terjadi keseimbangan kekuatan (Balance of Power Policy), meskipun perdamaian diliputi rasa ketakutan.
3)      Nasionalisme di Asia berkobar dan muncul negara-negara merdeka menyerupai Indonesia (17 Agustus 1945), Filipina (4 Juli 1946), India dan Pakistan Dominon (15 Agustus 1947) dan India merdeka penuh tanggal (26 Januari 1950), Birma (4 Januari 1948) dan Ceylon Dominon (4 Februari 1948).
4)      Munculnya politik mencari mitra atau aliansi yang dibuat menurut kepentingan keamanan bersama, misal, NATO, METO dan SEATO.
5)      Munculnya politik memecah belah negara, misalnya:
a)      Jerman dibagi menjadi dua negara, Jerman Timur dan Jerman Barat.
b)      Korea dibagi menjadi dua negara, Korea Utara dan Korea Selatan.
c)      Indo-Cina dibagi menjadi tiga negara, yaitu Laos, Kamboja, dan Indo-Cina.
d)     India dibagi menjadi dua negara, yaitu India dan pakistan


b.      Bidang ekonomi
Perang Dunia II melumpuhkan perekonomian negara-negara di dunia, kecuali Amerika Serikat yang telah menjadi sentra kekayaan dan kreditor dari seluruh dunia.
Untuk menamkan pengaruhnya di negara-negara Eropa serta yang lain, Amerika Serikat melakukan program-program yang merupakan perjuangan untuk membendung berkembangnya komunisme, contohnya Truman Doctrine (1947), Marshall Plan (1947), Point Four Truman, dan Colombo Plan.

c.       Bidang sosial
Untuk membantu rakyat yang menderita jawaban Perang Dunia II, PBB membentuk UNRRA (United Nations Relief Rehabilitation Administration) yang bertugas:
1)      Memberi makan kepada orang-orang terlantar.
2)      Mendirikan rumah sakit.
3)      Mengurus pengungsi dan mempertemukan dengan keluarganya.
4)      Mengerjakan kembali tanah yang rusak.

d.      Bidang keamanan
Penduduk dunia menyadari perlunya forum yang bisa menjaga perdamaian dunia sehabis Liga Bangsa-Bangsa dibubarkan. Pada tanggal 24 Oktober 1945, dibentuklah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations Organization (UNO) yang diperlukan bisa menjaga perdamaian dunia.

Demikian klarifikasi mengenai AKIBAT PERANG DUNIA II DALAM BERBAGAI BIDANG, agar sanggup bermanfaat.