Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kelemahan Siswa Pada Soal Dongeng Matematika

Terdapat beberapa kelemahan siswa terhadap ketika menuntaskan soal dongeng dalam matematika, diantaranya yaitu :.
1.   Kesalahan pada langkah pemahaman soal, yaitu ketidakmampuan siswa  menuliskan secara lengkap atau salah dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Misalnya siswa tidak mengubah kalimat pada soal menjadi kalimat matematika.
2. Kesalahan pada langkah perencanaan taktik yaitu ketidakmampuan siswa memilih model matematika yang berafiliasi dengan duduk kasus yang diajukan, menyusun langkah - langkah perencanaan supaya soal sanggup diselesaikan secara sistematis. Misalnya siswa tidak menuliskan model matematika yang sesuai sehingga membentuk persamaan linear dua variabel, taktik yang dijalankan kurang relevan.
3.   Kesalahan pada langkah pelaksanaan rencana, yaitu ketidakmampuan siswa melaksanakan proses perhitungan sesuai dengan planning yang telah disusunnya dilengkapi dengan segala macam data dan informasi yang diperlukan, salah atau tidak menuntaskan model matematika yang dibuat.

4.   Kesalahan pada langkah pengecekan kembali yaitu siswa tidak berusaha mengecek ulang dan menelaah kembali dengan teliti setiap langkah yang dilakukan dan hasil tanggapan yang diperoleh. Misalnya siswa tidak terbiasa menyelidiki kembali jawabannya, mereka merasa yakin dengan jawabannya, dan merasa waktu yang tersedia tidak cukup untuk menyelidiki kembali hasil jawabannya, ataupun dalam melaksanakan pengecekan kurang teliti dan cermat sehingga masih menghasilkan tanggapan yang salah.

Sumber https://www.isplbwiki.net