Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Paragraf Deskriptif (Deskripsi)

Pembahasan ini sesungguhnya melengkapi pembahasan lain yang berkaitan dengan macam-macam paragraf, menyerupai paragraf persuasi, paragraf argumentasi, paragraf eksposisi dan paragraf narasi.

Artikel ini akan membahas perihal pengertian paragraf deskriptif (pengertian paragraf deskripsi), dan tumpuan paragraf deskripsi atau deskriptif.

Pengertian paragraf deskripsi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, deskripsi berarti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara terang dan terperinci.

Kata deskripsi berasal dari bahasa Inggris, yaitu verba to describe yang artinya menguraikan,
memerikan, atau melukiskan. Paragraf ini bertujuan memberi kesan kepada pembaca terhadap objek, gagasan tempat, atau insiden yang ingin disampaikan penulis. Umumnya, citra tersebut diberikan secara visual.

Paragraf Deskripsi yaitu goresan pena atau karangan atau paragraf yang bertujuan melukiskan atau menggambarkan suatu objek apa adanya sehingga pembaca juga sanggup melihat, mendengar, merasakan, dan mencium segala sesuatu sesuai dengan apa yang dipaparkan penulisnya.

Objek yang dilukiskan sanggup manusia, lingkungan/alam sekitar, binatang, tumbuhan, dan sebagainya. Oleh alasannya itu, deskripsi disebut juga sebagai hasil observasi (pengamatan) melalui pancaindra yang diungkapkan dengan kata-kata.

Pola pengembangan paragraf deskriptif biasa dipakai biar pembaca benar-benar sanggup mencicipi dan melihat daerah yang dideskripsikan secara langsung. Hal ini tentunya menuntut kepiawaian penulis dalam menggambarkan suasana dan objek yang dilihat atau dialami.

Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan dikala menulis paragraf deskriptif yaitu sebagai berikut.
1. Mendaftar topik-topik yang sanggup dikembangkan menjadi paragraf deskriptif menurut hasil pengamatan. Misalnya, keadaan lingkungan daerah Anda tinggal sekarang.
2. Menyusun kerangka karangan.
Pembahasan ini sesungguhnya melengkapi pembahasan lain yang berkaitan dengan  Pengertian dan Contoh Paragraf Deskriptif (Deskripsi)
Gambar: Contoh Paragaraf Deskriptif (deskripsi)

Contoh paragraf deskripsi

Lapangan sekolah kami berada sempurna di tengah-tengah gedung sekolah. Di setiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil dengan aneka bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan tersebut berukuran setengah 100 x120 meter. Lumayan luas, bukan? Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kami memakai lapangan tersebut untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tepatnya di bersahabat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian tertentu ada lubang yang mempunyai kegunaan sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw.

Demikian Artikel yang membahas perihal pengertian paragraf deskriptif (pengertian paragraf deskripsi), dan tumpuan paragraf deskripsi atau deskriptif.


Sumber https://www.berpendidikan.com