Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Pola Frasa Adjektiva

Pada kesempatan ini, kami akan menyebarkan pembahasan ihwal frasa adjektiva. Apa yang dimaksud dengan frasa adjektiva? Apa saja yang termasuk contoh-contoh dari frasa adjektiva? Semua pertanyaan ini akan terjawab dalam pembahasan ini.


Sebelum membahas lebih jauh ihwal frasa adjektiva, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari masing-maing katanya. Apa itu yang dimaksud dengan frasa? Dan apa pula yang dinamakan dengan adjektiva?

Pengertian frasa adjektiva

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, frasa berarti adonan dua kata atau lebih yang bersifat non predikatif, contohnya gunung tinggi disebut frasa sebab merupakan kontruksi non predikatif (tidak berkaitan dengan predikat).

Adapun makna adjektiva menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti frasa endosentris berinduk satu yang induknya adjektiva dan modifikatornya adverbia.

Adjektiva atau kata sifat yaitu kata yang menyatakan sifat atau keadaan nomina.

Kaprikornus kesimpulannya, frasa adjektiva yaitu frasa yang mengandung unsur kata sifat. Contohnya; sangat cantik, tinggi sekali, sangat cantik.

Frasa adjektiva yaitu frasa yang unsur pada dasarnya berupa kata sifat. Frasa ini biasanya berkombinasi dengan kata agak, kurang, leibh, sangat dan paling.

Perhatikan pola berikut ini!
“sebenarnya, orang renta siswa mau membayar, tetapi kebutuhan rumah tangga mereka lebih penting untuk dipenuhi”


Frasa lebih penting dalam kalimat tersebut di atas termasuk frasa adjektiva. Unsur intinya, yaitu kata penting, berkategori kata sifat (adjektiva) yang dikombinasikan dengan kata lebih.
 kami akan menyebarkan pembahasan ihwal frasa adjektiva Pengertian dan Contoh Frasa Adjektiva
Gambar: Contoh Frasa Adjektiva

Contoh frasa Adjektiva

Pengertian mudahnya dari Adjektiva yaitu kata yang memperlihatkan keterangan yang lebih khusus ihwal sesuatu yang dinyatakan oleh nomina dalam kalimat.

Perhatikan pola berikut!
- Anak kecil
- Beban berat
- Baju merah
- Meja bundar
- Alam gaib
- Pemain ganda

Adjektiva sanggup juga merupakan inti frasa yang disebut frasa adjektival. Sebagai inti frasa, adjektiva sanggup diwatasi dengan aneka macam pemarkah, menyerupai pemarkah aspektualitas dan pemarkah modalitas yang ditempatkan di sebelah kirinya.

Contoh:
- Tidak bodoh
- Tidak keras kepala
- Harus sanggup memuaskan
- Sudah harus tenang
- Belum sanggup tertarik
- Akan tidak rapi

Adjektiva dalam frasa adjektival sanggup diikuti pewatas yang berposisi di sebelah kanannya.
Contoh:
- Sakit gigi
- Bodoh kembali
- Kaya juga

Frasa adjektiva ini sanggup Anda gunakan dalam penulisan paragraf deskriptif. Jika ingin lebih memahami ihwal adjektiva, Anda sanggup membaca buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.


Sumber https://www.berpendidikan.com