Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tokoh Pendidikan: John I. Goodlad

John I. Goodlad mengajar di setiap jenjang mulai dari kelas satu (first grade) hingga seminar advanced graduate. Ia memulai karir profesionalnya di sebuah sekolah desa yang hanya mempunyai satu ruangan di British Columbia, Kanada. Setelah mendapatkan ijasah mengajar pada 1939, ia yakni guru sebelum menjadi kepala sekolah tahun 1941. Pada 1946, ia berguru ke University Of California at Los Angeles, dan Universitas Of Washington. Ia menduduki beberapa jabatan kepemimpinan di banyak sekali universitas serta Organisassi penelitian dan pendidikan lainnya ibarat Direktur Center for Teacher Education University of Chicago, Direktur University Elementary School di UCLA, Direktur Center for Education Inquary yang idependen dan berbasis di Seattle.


Googlad yakni seorang penulis produktif. Penyelidikan dan renungannya wacana pendidikan menghasilkan lebih dari 30 buku, 200 artikel jurnal, dan 80 penggalan buku dan entri ensiklopedia.

Goodlad (lahir 1917) yakni salah satu pelopor utama dalam pendidikan Amerika pada paruh terakhir periode ke-20. John Goodlad, salah satu dari dua anak pria yang lahir William James dan Mary (Inkster) Goodlad, menghabiskan sembilan tahun pertama hidupnya di lereng bukit dari Vancouver Utara, British Columbia. Kehadiran di sekolah enam kamar diharapkan berjalan-jalan menuruni bukit di awal hari dan lain kembali ke atas bukit di sore hari. Tiga anak pria yang tinggal di lereng bukit harus bergaul dengan satu sama lain alasannya tidak ada alternatif.

Isolasi itu, disertai dengan periode isolasi dari sekolah alasannya campak biasa, cacar air, dan sejenisnya, "mungkin yakni berkat," katanya. "Ini mendorong saya ke banyak membaca novel-hari selama masa sakit dan banyak membaca terus ke tahun dewasa saya." Goodlad mengingat periode sesudah usia sembilan dan selama Depresi Besar ketika berkomentar, "Satu-satunya hal yang baik wacana tahun-tahun yakni bahwa setiap orang miskin." Dengan pengecualian dari beberapa keluarga di masing-masing dua sekolah dasar yang ia hadiri, semua orang milik kelas ekonomi yang sama rendah.

Universitas Out of Reach Nya
Dia ingat beberapa fatwa sekilas menjadi seorang dokter atau pengacara, tapi keduanya berarti pergi ke universitas dan tidak ada prospek ia melaksanakan hal itu. Sebuah tahun kelima sekolah tinggi, disebut matrikulasi senior, memungkinkan baginya untuk mengamankan setara pendidikan tahun pertama di universitas, dan dari yang ia melanjutkan ke sekolah biasa provinsi (1938) di Vancouver untuk memenuhi syarat untuk SD sekolah akta mengajar. Ia mulai mengajar pada tahun 1939 di sebuah sekolah satu kamar di sebuah distrik yang pada ketika itu tidak memakai pengawas. Dewan sekolah yang dipakai setiap guru; sesudah itu, buku, bahan, dan keputusan-keputusan administratif yang dibentuk oleh seorang sekretaris / bendahara dibayar dewan. Gaji Goodlad untuk tahun pertama yakni $ 780 untuk periode 10 bulan. Dari sini ia harus menabung cukup uang untuk pergi ke sekolah demam isu panas untuk dua demam isu panas berturut-turut semoga memenuhi syarat untuk akta mengajar permanen.

Dalam tahun-tahun berikutnya ketika bekerja sebagai guru dan kepala sekolah ia kuliah di University of British Columbia selama sesi demam isu panas dan mengambil kursus korespondensi selama tahun tetapi tidak hadir setiap ketika sebagai mahasiswa penuh waktu. Kedua Sarjana (1945) dan Master (1946) derajat diselesaikan dengan cara ini, dan kemudian ia pecah dari British Columbia dan pergi ke Universitas Chicago untuk doktor (1949). Pada kesannya ia yakni seorang full-time mahasiswa warga kampus untuk tahun pertama dan satu-satunya hidupnya. Pada tahun 1945 ia menikah Evalene M. Pearson dan kemudian mempunyai dua anak, Stephen John dan Mary Paula.

Guru Guru
Kerja profesional Goodlad sanggup dibagi menjadi dua periode, yaitu periode awal (1947-1960) yang terdiri dari banyak sekali posisi dalam pendidikan guru, termasuk Atlanta Mengajar Pendidikan, Universitas Emory, Agnes Scott College, dan University of Chicago; dan periode kedua (1960-1983) di Universitas California, Los Angeles (UCLA), di mana ia menjabat sebagai Direktur Sekolah Laboratorium dan sebagai dekan Graduate School of Education (peringkat pertama di Amerika tujuh tahun terakhir nya kepemilikan). Setelah pensiun dari UCLA ia diasumsikan posisi profesor (1985) dan eksekutif Pusat Pendidikan Renewal (1986) di Universitas Washington. Dia ketika ini profesor emeritus pendidikan dan co-direktur Pusat. Goodlad juga yakni presiden dari Institute independen untuk Pendidikan Kirim. Pendidik telah menulis atau co-menulis lebih dari 30 buku; mempunyai penggalan yang ditulis dan kertas di lebih dari 100 buku dan buku tahunan lainnya; dan mempunyai lebih dari 200 artikel dalam jurnal profesional dan ensiklopedi. Tulisan-tulisannya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang, Perancis, Italia, Spanyol, dan Ibrani. Dia juga telah mendapatkan banyak sekali penghargaan, termasuk tujuh gelar kehormatan.

Penulis produktif
Di antara buku-buku yang lebih gres Goodlad yakni Guru Sekolah Bangsa Kita (1990), di mana ia mendapatkan Outstanding Writing Award dari American Association of Colleges untuk Pendidikan Guru; Pendidikan Renewal: Guru yang baik. Sekolah yang lebih baik; dan In Praise of Education, di mana ia beropini pendidikan yakni hak mutlak dalam suatu masyarakat demokratis.

Sejak jaman Depresi Besar, efektivitas sekolah Amerika telah tiba di bawah kritik meningkat. Selama periode ini John Goodlad semakin menonjol sebagai nabi yang efektif dan pelopor dalam reformasi pendidikan. Penelitiannya tidak dianggap sebagai percobaan, tetapi tumbuh dari tindakan, dari pengalaman lapangan sendiri ketika ia berusaha untuk menutup kesenjangan antara kondisi yang ada di sekolah-sekolah dan apa kebijakan penelitian model telah mendalilkan. Nilai-nilai yang dipelajari dari orang tuanya, mengajar di sekolah satu kamar, dan bekerja di Atlanta selama kerusuhan rasial beberapa pengalaman lebih bermakna yang mensugesti penelitiannya.

Satu ide, "non-dinilai sekolah," tumbuh dari pengalamannya mengajar di sekolah satu kamar. Di sini seorang mahasiswa berjulukan Ernie, yang mempunyai ketidakmampuan belajar, tidak maju ke tingkat kelas gres ibarat yang dilakukan orang lain. Akibatnya ia meninggalkan sekolah sebagai anak senang dan sebagai kegagalan. Sebagai alternatif untuk kebijakan sekolah yang menurunkan belum dewasa dan berguru limit, Goodlad diusulkan sekolah tanpa tingkatan kelas. Kemudian ia membuat beberapa saran untuk meningkatkan sekolah-sekolah dalam bukunya Tempat Called Sekolah (1984). Dalam studi komprehensif ini, salah satu on-the-scene penyelidikan lebih luas yang pernah dilakukan, ia mulai dengan premis yang perlu sekolah kami dirancang ulang sepotong demi sepotong. Sepanjang seluruh bidang pendidikan ia menyerukan perubahan besar yang "harus dipandu pertama dan terutama oleh prinsip-prinsip moral." Dia ingin membuat sebuah sekolah manusia. Dia mengatakan, "Ketika kita berbicara wacana binatang peliharaan kita menyebutnya sebagai anjing, maka kedua kita sanggup berbicara wacana hal itu menjadi berbeda dari anjing lain. Tapi, ketika berbicara wacana manusia, kita berbicara wacana perbedaan pertama, kemudian diketahui bahwa mereka yakni orang-orang kemudian Namun, saya ingin berbicara wacana orang-orang sebagai insan pertama,. saya ingin menyebarkan sekolah manusia, alasannya kita semua yakni satu ".

Gaya menarik Goodlad yang menulis wacana reformasi sekolah diilustrasikan dalam pembahasannya Romawi ilahi Janus. Dia menyatakan, "... Janus telah digambarkan mempunyai dua wajah, satu melihat ke depan dan ke belakang lainnya. Saya melihat dari kini ke masa kemudian dan dari ketika ini ke masa depan dekat. Kedua, Janus yakni semangat animisme dari pintu dan lengkungan. saya berbicara dengan dilema pemotongan pintu antara bangunan dan lengkungan atas banyak sekali tingkat pengambilan keputusan kurikulum. Ketiga, Janus, dalam mitologi Romawi, yakni penjaga pintu gerbang nirwana (yang 'pembuka' dan 'shutter') dan ilahi semua awal. orang-orang yang bekerja dalam kurikulum yang diharapkan, maka, untuk memohon Janus dalam membuat awal kami dan untuk memperhitungkan Janus di tamat diyakini oleh beberapa orang untuk menjadi masih awal lagi. "(Teachers College Rekam, November 1968).

Lebih mungkin alasannya cintanya kepada pendidikan daripada terlepas dari itu, Goodlad telah menjadi kritikus dari sistem pendidikan AS, khususnya untuk cara melatih guru untuk kelas. Dalam sebuah artikel dua penggalan untuk Minggu Pendidikan, 5 Februari; 12 tahun 1997, Goodlad menyampaikan gerbang masuk ke mengajar di sekolah umum AS "selalu longgar terkunci." Dan ia menyesali cara teori reformasi tiba dan pergi, menghasilkan sedikit kalau perbaikan apapun. "Mayoritas dari mereka menyewa setiap tahun untuk mengajar di sekolah-sekolah kita yakni produk dari serangkaian jadah kondisi yang menentang menunjukkan dengan sempurna akurat akuntabilitas Dengan akuntabilitas tersebar, menyalahkan dan penjahat teori merajalela. Ini yakni mahasiswa, itu yakni guru, itu negara, itu yakni sekolah pendidikan. "


Sumber: http://www.encyclopedia.com/topic/John_I._Goodlad.aspx
loading...