Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian-Bagian, Fungsi Dan Kelainan Serta Penyakit Pada Kulit


1.      Bagian-bagian kulit
Secara anatomi, kulit terdiri dari lapisan-lapisan sebgai berikut:

 ialah lapisan yang terdiri dari lapisan tanduk dan lapisan Malpighi BAGIAN-BAGIAN, FUNGSI DAN KELAINAN SERTA PENYAKIT PADA KULIT


a.       Epidermis (lapisan kulit ari), ialah lapisan yang terdiri dari lapisan tanduk dan lapisan Malpighi

1)      Lapisan tanduk ialah lapisan yang tidak meiliki pembuluh darah serta serabut saraf, lantaran merupakan sel-sel mati dan selalu mengelupas. Oleh lantaran itu, kalau lapisan ini tergores atau mengalami luka, tidak akan mengeluarkan darah. Lapisan ini terperinci sekali terlihat pada telapak tangan dan telapak kaki.

2)      Lapisan malpighi berada di bawah lapisan tanduk dan mempunyai pembuluh darah untuk penyampaian nutrisi. Lapisan ini tersusun dari sel-sel yang mengandung pigmen melanin dan keratin. Jika pigmen keratin dan melanin bergabung, maka warna kulit akan menjadi kekuningan. Bila lapisan Malpighi seseorang tidak mengandung pigmen, maka orang tersebut disebut sebagai albino.

Di permukaan kulit ari terdapat pori-pori, kecuali kulit ari yang ada di telapak tangan dan kaki. Kulit ari pada telapak tangan dan kaki terdiri atas empat lapis, yaitu stratum korneum, stratum granulosum, stratum lusidum serta stratum germinativum.

b.      Dermis ialah lapisan kedua dari kulit yang lebih tebal dibandingkan epidermis. Di dalam lapisan ini terdapat beberapa jaringan yakni:

1)      Kelenjar keringat (glandula sudorifera), yang berfungsi untuk menghasilkan keringat serta mengatur suhu tubuh. Kelenjar ini bermuara pada pori-pori kulit.
2)      Kelenjar minyak (glandula sebacea), yang berfungsi untuk menghasilkan minyak supaya menjaga rambut tidak kering. Kelenjar ini letaknya didekat akar rambut.
3)      Pembuluh darah, yang berfungsi untuk mengedarkan darah ke semua sel atau jaringan termasuk akar rambut.
4)      Ujung-ujung saraf, yaitu ujung saraf perasa dan peraba. Oleh lantaran itu, kulit sanggup mencicipi nyeri, panas, hambar serta rangsangan lain.
5)      Kantong rambut, terdiri dari akar dan batang rambut serta kelenjar minyak rambut

c.       Jaringan hipodermis ialah jaringan ikat bawah kuli yang berada di bawah dermis. Pada lapisan ini terdapat lapisan lemak.


2.      Fungsi kulit
Kulit insan mempunyai beberapa fungsi berikut:

a.       Melindungi jaringan di bawahnya dari kerusakan-kerusakan fisik akhir gesekan, penyinaran, gangguan kuman-kuman serta zat kimia.
b.      Sebagai daerah pembentukan vitamin D dari provitamin D dengan sumbangan sinar ultraviolet cahaya matahari
c.       Mengurangi kehilangan air dan mengatur suhu tubuh.
d.      Sebagai alat indra, yakni mendapatkan rangsangan dari luar.
e.       Sebagai alat ekskresi, alasannya yakni sanggup mengeluarkan keringat yang merupakan hasil proses metabolisme protein.

3.      Kelainan dan penyakit pada kulit
Berikut yakni beberapa kelainan dan penyakit pada kulit

 ialah lapisan yang terdiri dari lapisan tanduk dan lapisan Malpighi BAGIAN-BAGIAN, FUNGSI DAN KELAINAN SERTA PENYAKIT PADA KULIT


a.       Skabies, disebabkan oleh benalu insekta yang sangat kecil yaitu Sarvoptes scabies) dan sanggup menular pada orang lain.

b.      Eksim, mengakibatkan kulit menjadi kering, kemerah-merahan, gatal-gatal dan bersisik

c.       Jerawat, ialah gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Jerawat biasanya menyerang cuilan wajah, dada atas dan punggung.

d.      Biang keringat, terjadi lantaran kelenjar keringat tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang tidak sanggup terbuang secara sempurna, sehingga mengakibatkan nintik kemerahan yang disertai gatal.

e.       Kanker kulit, disebabkan oleh penerimaan sinar matahari yang berlebihan.



Demikian klarifikasi mengenai BAGIAN-BAGIAN,FUNGSI DAN PENYAKIT PADA KULIT, semoga sanggup bermanfaat.