Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Periodesasi Zaman Pra Aksara: Arkaikum, Paleozoikum, Mesozoikum, Dan Neozoikum

Berdasarkan ilmu geologi, kita sanggup mengetahui usia fosil dan benda-benda purbakala yang ada. Melalui lapisan-lapisan bumi ditambah investigasi laboratorium akan diketahui berapa kira-kira usia bumi beserta makhluk yang pernah menghuninya. Berikut ini akan dijelaskan periodesasi zaman praaksara menurut geologi:

 kita sanggup mengetahui usia fosil dan benda PERIODESASI ZAMAN PRA AKSARA: ARKAIKUM, PALEOZOIKUM, MESOZOIKUM, DAN NEOZOIKUM


1.      Zaman Arkaikum (2.500 juta tahun yang lalu)
Zaman Arkaikum merupakan zaman dikala belum ada kehidupan di bumi. Hal ini disebabkan bumi masih panas dan merupakan bola gas panas yang berputar pada porosnya.

2.      Zaman Paleozoikum (340 juta tahun yang lalu)
Zaman Paleozoikum yakni zaman dikala terdapat kehidupan pertama di bumi. Zaman ini disebut Primer (karena untuk pertama kalinya ada kehidupan). Zaman ini terbagi menjadi beberapa tahap kehidupan sebagai berikut:
a.       Cambrium, ada kehidupan primitif ibarat kerang dan ubur-ubur.
b.      Silur, mulai ada kehidupan binatang bertulang belakang, contohnya ikan.
c.       Devon, mulai ada kehidupan binatang sejenis amfibi tertua.
d.      Carbon, mulai ada binatang merayap sejenis reptil.
e.       Perm, mulai ada binatang darat, ikan air tawar dan amfibi.

3.      Zaman Mesozoikum (140 juta tahun yang lalu)
Zaman Mesojoikum disebut zaman Sekunder (zaman hidup kedua) dan disebut juga zaman reptil alasannya muncul reptil yang besar ibarat Dinosaurus dan Atlantosaurus. Zaman ini terbagi menjadi tiga pecahan berikut:
a.       Trias, terdapat kehidupan ikan, amfibi dan reptil.
b.      Jura, terdapat reptil dan sebangsa katak.
c.       Calcium, terdapat burung pertama dan tumbuhan berbunga.

Ikan yang hidup di darat kemudian berubah (mengalami evolusi), siripnya tumbuha menjadi kaki yang kuat, ekornya tumbuh semakin panjang, kepalanya semakin besar dan keras, binatang ini merupakan jenis amfibi. Beberapa macam binatang amfibi tumbuh menjadi semakin besar bahkan melebihi seekor buaya, bentuknya berubah, sisiknya menjadi besar, dan telurnya berkulit keras ibarat telur ayam (inilah yang kemudian dikenal dengan nama Dinosaurus, Brontosaurus, dan Atlantosaurus).
Umumnya Dinosaurus pemakan tumbuhan, kecuali Tyranosaurus yang berahang sangat besar, bergigi banyak, dan panjang. Brontosaurus besarnya sepuluh kali gajah, hidupnya di air alasannya air membantu meringankan berat badannya.
Ada juga reptil yang sanggup terbang, memiliki sayap yang lebar, dan besar lengan berkuasa terbang berjam-jam di udara mencari makanan. Paruhnya panjang dipakai untuk menyambar ikan yang tampak di permukaan air, salah satu jenisnya yakni Pteranodon.


4.      Zaman Neozoikum (60 juta tahun yang lalu)
Neozoikum artinya dunia baru. Zaman ini dibagi lagi menjadi dua era, yakni:
a.      Zaman Tersier
Disebut juga dengan zaman hidup ketiga, makhluk hidupnya berupa binatang menyusui sejenis monyet serta kera, reptil raksasa mulai lenyap, dan pada kiamat ini sudah ada jenis kera-manusia. Zaman ini ditandai dengan munculnya tenaga endogen yang dahsyat sehingga mematahkan kulit bumi.
Kejadian itu membentuk rangkaian pegunungan besar pada seluruh dunia. Karena adanya pegunungan tersebut, timbullah letusan-letusan gunung berapi yang membentuk relief permukaan bumi. Zaman Tersier terbagi atas Eosen, Miosen, Oligosen dan Pliosen.

b.      Zaman Kuarter
Pemunculan dan kepunahan binatang dan tumbuhan terjadi silih berganti, seiring dengan perubahan cuaca secara global. Zaman Kuarter terdiri atas dua kurun waktu, yakni kala Plestosen serta kala Holosen.

1)      Kala Plestosen: dimulai sekitar 600.000 tahun yang lalu. Pada kala Plestosen paling sedikit telah terjadi lima kali zaman es (zaman glasial). Pada zaman glasial sebagian besar Eropa pecahan utara, Amerika pecahan utara, dan Asia pecahan utara ditutupi es, begitu pula Pegunungan Alpen serta Pegunungan Himalaya. Keadaan tumbuhan dan fauna yang hidup pada kala Plestosen sangat ibarat dengan tumbuhan da fauna yang hidup sekarang. Dalam kehidupan insan purba, pada kala inilah muncul insan purba Pithecanthropus Erectus.
2)      Kala Holosen: dimulai muncul sekitar 200.000 tahun yang lalu. Manusia modern ibarat insan sekarang, diperkirakan muncul pada kala Holosen ini.



Demikian klarifikasi mengenai PERIODESASI ZAMAN PRA AKSARA: ARKAIKUM, PALEOZOIKUM, MESOZOIKUM, DAN NEOZOIKUM, biar sanggup bermanfaat.