Rpp Smp Ipa Kelas 7 Smstr 1 Obyek Ipa Dan Pengamatanya (Pengukuran Sebagai Bab Pengamatan)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : IPA
Kelas /Semester : 7 / 1
Topik : Obyek IPA dan pengamatanya
Sub Topik : Pengukuran sebagai bab pengamatan
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran.
A. Kompetensi dasar
2.1. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu ,objektif,jujur,teliti,cermat.tekun,hati
hati,bertanggung jawab , terbuka,kritis,kreatif,inovatif dan peduli lingkungan)dalam aktifitas sehari
hari sebagai wujud implementasisikap dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi,
1.2 .Menghargai kerja individu dankelompokdalam acara sehari-harisebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3. Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggung jawabdalam acara sehari-hari.
3.1. Memahami konsep pengukuran aneka macam besaran yang ada pada diri,makluk hidupdan lingkungan fisik
sekitar sebagai bab dari observasi,serta pentingnya perumusan satuan terstandar(baku)dalam
pengukuran.
4.1. Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri,makluk hidup dan lingkungan
fisikdengan menggunakansatuan baku dan satuan tak baku.
B. INDIKATOR.
1. Mengindentifikasikan besaran-besaran IPA dalam kehidupan sehari-hari
2 Terampil melaksanakan pengukuran besaran IPA
3. Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana dalam satuan Internasional
4. mempunyai rasa ingin tahu,teliti,dan peduli pada lingkungan melalui diskusi,kerja kelompok dan mela
kukan kegiatan pengukuran.
5. Menunjukanketekunan,tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatan berguru dan bekerja,baik
Secara individu maupun berkelompok
C. TUJUAN PEMBELAJARAN.
1. melalui diskusi dan pengamatan siswa sanggup mengidetifikasi besaran IPA
2. berbagi keterampilan mengukur atau atau membandingkan b esaran dengan besaran lain yang
Sejenis sebagai satuan
3. Siswa dapat menjelaskan manfaat penggunaan satuan baku (satuan SI)
4. Siswa sanggup mengkonversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalannya.
5. Peserta didik sanggup mengkonversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalannya.
6. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu,teliti,jujur,tekun,tanggung jawab,saling menghargai pendapat r
Orang lain melalui kegiatan diskusi kelompok.
D. MATERI
Besaran dan Satuan
Besaran ialah segala susuatu yang sanggup diukur mempunyai nilai dan satuan.
Satuan ialah sesuatu yang digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran.
Pengukuran.
Mengukur ialah kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran yang sejnis yang
digunakan sebagai satuan.
Satuan Baku dan Satuan tak baku.
Satuan baku ialah satuan yang telah disepakati oleh banyak orang.
Satuan tak baku ialah satuan yang belum disepakati oleh banyak orang.
E. PENDEKATAN /METODE PEMBELAJARAN.
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi dan Eksperimen
3. Model : Discovery learning
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Komputer, LCD
2. Alat dan Bahan : pensil , penggaris, kertas ,meja.
3. Sumber Belajar : a. Buku IPA SMP kelas VII,puskurbuk 2013
b. Lomba Kompetensi Siswa Pengukuran
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN.
Pertemuan ke dua
Kegiatan | Langkah- langkah Model Discovery | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Menciptakan situasi(stimulus) | Pemusatan perhatian. - guru memperlihatkan beberapa benda ( benda hidup dan benda mati) dan meminta siswa untuk menyebutkan cirri yang ada pada benda sebanyak banyaknya. - Guru mengajukan pertanyaan cirri yang ada pada benda. | 10 menit |
Kegiatan inti | Pembahasan Tugas dan identifikasi masalah Observasi Pengumpulan data Pengolahan data dan analisis Verifikasi generalisasi | - Membagi siswa dalam beberapa kelompok. - Diskusi wacana cirri cirri benda yang sanggup diukur dan besaran yang tidak sanggup diukur. - Menyamakan persepsi wacana besaran dalam IPA. - Mengkonversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalan. | 60 menit |
Penutup | - Siswa dan guru mereveiw hasil pembelajaran - Guru memperlihatkan penghargaan kepada kelompok yang kinerjanya baik. - siswa menjawab kuis wacana satuan baku dan konversi satuan SI - memberi kiprah kepada siswa untuk membandingkan ukuran (buku IPASMP kelas VII,puskurbuk 2013 hal.10. | 10 menit |
H. PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen
Metode | Bentuk Instrumen |
Sikap | Lembar pengamatan sikap dan rubric |
Tes unjuk kerja | Tes evaluasi kerja pengukuran |
Tes tulis | Tes uraian. |
2. Contoh Instrumen
a. lembar pengamatan sikap.
1. Pengamatan sikap ilmiah
NO | Aspek yang dinilai | 3 | 2 | 1 | Keterangan |
1 | Rasa ingin tahu | ||||
2 | Ketelitihan dan kehatihatiandalam melaksanakan percobaan | ||||
3 | Ketekunan dan tanggung jawab dalam berguru dan bekerjabaik secara individu maupun kelompok | ||||
4 | Ketrampilan berkomonikasi pada ketika belajar |
2. Rubrik Penilaian Perilaku
no | Aspek yang dinilai | Rubrik |
1 | Rasa ingin tahu | 3.menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias,aktifdalam kegiatan kelompok 2. memperlihatkan rasa ingin tahu,namun tidak terlalu antusias,baru terlibat bila disuruh. 1. tidak memperlihatkan antusias dalampengamatan,tidak aktif. |
2 | Ketelitihan dan hati hati | 3. melaksanakan pengukuran sesuai prosedur,dengan teliti dan benar dalam membaca hasil ukur 2.melakukan pengukuran sesuai prosedur, tidak teliti dalam membaca hasi ukur 1. mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur, salah dalam membaca hasil ukur. |
3 | Ketekunan dan tanggung jawab dalam berguru dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok | 3.tekun dalammenyelesaikan kiprah dengan hasil terbaikyang bias dilakukan ,berupaya sempurna waktu. 2. berupaya sempurna waktu menuntaskan kiprah namun belum memperlihatkan upaya terbaiknya. 1.tidak berupaya sungguh sungguhdalam menuntaskan kiprah dan tugasnya tidak selesai. |
4 | berkomonikasi | 3. aktif dalam Tanya jawab sanggup mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain. 2. aktif dalam Tanya jawab tidak ikut dalam mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain. 1. tidak aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut dalam mengemukakan gagasan atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain. |