Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fasilitas Sekolah Dan Fungsinya | Sarana Prasarana Berguru Mengajar

KETENTUAN PRASARANA DAN SARANA 

dalam sebuah taman pendidikan MI/SD atau yang lainnya harus mempunyai kemudahan fasilitas penunjang kegiatan berguru mengajar biar tercapainya kegiatan berguru menagajar yang lezat dan nyaman. tanpa adanya fasilitas-fasilitas sekolah yang memadai kegiatan berguru menagajar di sekolah akan terhambat.

Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya mempunyai prasarana sebagai berikut:
ruang kelas
Fungsi ruang kelas ialah kawasan kegiatan pembelajaran teori, praktek yang  tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktek dengan alat khusus yang gampang dihadirkan.
ruang perpustakaan
Ruang perpustakaan berfungsi sebagai kawasan kegiatan akseptor didik dan guru memperoleh warta dari aneka macam jenis materi pustaka dengan membaca
laboratorium IPA
Sarana laboratorium IPA berfungsi sebagai alat bantu mendukung kegiatan dalam bentuk percobaan.
ruang pimpinan
Ruang pimpinan berfungsi sebagai kawasan melaksanakan kegiatan pengelolaan sekolah, pertemuan dengan sejumlah kecil guru, orang bau tanah murid, unsur komite sekolah, petugas dinas pendidikan, atau tamu lainnya.
ruang guru
Ruang guru berfungsi sebagai kawasan guru bekerja dan istirahat serta mendapatkan tamu, baik akseptor didik maupun tamu lainnya.
tempat beribadah
Tempat beribadah berfungsi sebagai kawasan warga sekolah melaksanakan ibadah yang diwajibkan oleh agama masing-masing pada waktu sekolah.
ruang UKS
Ruang UKS berfungsi sebagai kawasan untuk penanganan dini akseptor didik yang mengalami gangguan kesehatan di sekolah.
Sarana dan prasarana sekolah memperlancar kegiatan berguru mengajar
jamban
Jamban berfungsi sebagai kawasan buang air besar dan/atau kecil.
gudang
Gudang berfungsi sebagai kawasan menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, kawasan menyimpan sementara peralatan sekolah yang tidak/belum berfungsi di satuan pendidikan, dan kawasan menyimpan arsip sekolah yang telah berusia lebih dari 5 tahun.
ruang sirkulasi
Ruang sirkulasi horizontal berfungsi sebagai kawasan penghubung antar ruang dalam bangunan sekolah dan sebagai kawasan berlangsungnya kegiatan bermain dan interaksi sosial akseptor didik di luar jam pelajaran, terutama pada dikala hujan ketika tidak memungkinkan kegiatan-kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah.
tempat bermain/berolahraga
Tempat bermain/berolahraga berfungsi sebagai area bermain, berolahraga,
pendidikan jasmani, upacara, dan kegiatan ekstrakurikuler.

itulah sebelas poin penting demi terwujudnya kegiatan berguru mengajar di sekolah demi terciptanya kelancaran kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.

Terimakasih atas kunjungas dan kesempatan anda membaca di goresan pena perihal sarana prasana kemudahan sekolah serta gunsinya. semoga sanggup menambah pengetahuan kita perihal arti kenyamanan berguru siswa, perihal arti kewajiban mendidik anak usia sekolah.

Sumber https://www.isplbwiki.net