Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dan Rujukan Paragraf Persuasif

Melalui artikel ini, Anda akan semakin mendalami perihal pengertian paragraf persuasif, ciri-ciri dan teladan paragraf atau karangan persuasif.

Berbeda dengan paragraf atau karangan argumentatif, paragraf persuasif ini mempunyai tujuan yang lebih. Jadi, apa yang dimaksud dengan paragraf persuasif? Apa saja ciri-ciri untuk menciptakan paragraf atau karangan persuasif?

Pengertian paragraf persuasif (paragraf persuasi)

Paragraf persuasif yaitu bentuk karangan atau paragraf yang mempunyai tujuan untuk meyakinkan orang lain baik pendengar maupun pembacanya untuk melaksanakan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis dengan cara menunjukkan alasan dan prospek yang baik.

Dalam paragraf persuasif, penulis memasukkan dalam tulisannya dengan unsur-unsur opini, data, fakta dan alasan yang berpengaruh sebagai penyokong opini tersebut. Berbeda dengan goresan pena atau paragraf manipulatif yang mana teksnya mengandung alasan-alasan implisit.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, persuasif berarti membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Dari sumber yang sama, persuasi berarti seruan kepada seseorang dengan cara menunjukkan alasan dan prospek yang baik semoga sanggup meyakinkannya.

Ciri-ciri paragraf persuasif

Berdasarkan banyak sekali pengertian tersebut di atas, sanggup disimpulkan bahwa paragraf persuasif mempunyai ciri-ciri sebagai berikut;

1. Isi dari paragraf persuasif berusaha untuk meyakinkan orang lain baik pembaca maupun pendengarnya.

2. Isi dari paragraf persuasif berusaha untuk menciptakan orang lain (pembaca dan pendengar) untuk tergerak melaksanakan hal-hal yang diinginkan dan dikehendaki oleh penulis.
 Anda akan semakin mendalami perihal pengertian paragraf persuasif Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasif
Gambar:Paragram Persuasif

Contoh goresan pena persuasif dalam kehidupan sehari-hari

Contoh-contoh bentuk goresan pena persuasif dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemui dalam goresan pena sebagai berikut;
1. Iklan dalam surat kabar untuk mempromosikan barang dagangannya
2. Propaganda yang dilakukan oleh badan, forum atau perorangan
3. Kampanye untuk mebujuk pemilih partai tertentu sebanyak-banyaknya
4. Selebaran-selebaran dan pamflet

Bentuk pendekatan yang dipakai dalam menciptakan goresan pena atau paragraf persuasif adalah;

1. Pendekatan emotif, yaitu bentuk pendekatan yang bertujuan untuk membangkitkan dan merangkasang emosi pembaca atau pendengarnya.

2. Pendekatan rasional, yaitu bentuk pendekatan yang didalamnya berisi perihal fakta-fakta untuk meyakinkan pembaca atau pendengarnya.

Teknik menciptakan goresan pena atau paragraf persuasif

Untuk sanggup menciptakan goresan pena atau paragraf persuasif yang baik diharapkan beberapa teknik sebagai berikut;

1. Rasionalisasi

Rasionalisasi yaitu proses penggunaan nalar untuk meberikan dasar pembenaran terhadap suatu duduk kasus yang berfungsi untuk memudahkan jalan semoga keinginan, sikap, keputusan atau tindakan yang telah ditetapkan sanggup dibenarkan.

2. Sugesti

Sugesti yaitu bentuk perjuangan untuk membujuk dan menghipnotis orang lain semoga mendapatkan prinsip dan pendirian kita dengan memakai rangkaian kata-kata yang menarik dan meyakinkan.

Kata kunci dalam paragraf persuasif

Untuk lebih mendekatkan pada tujuannya, maka dalam menciptakan atau menulis paragaraf persuasif hendaklah memakai beberapa kata penghubung antar kalimat atau antarklausa, yaitu karena, jika, kalau, seperti, oleh alasannya yaitu itu, maka dan lain-lain.

Contoh paragraf persuasif

Jika anda mempunyai hoby mendaki gunung, tentunya anda mempunyai banyak persiapan untuk itu. Persiapan yang paling penting yaitu kesehatan fisik. Anda tidak akan mungkin melaksanakan pendakian gunung bila dalam keadaan tubuh kurang fit atau bahkan sakit. Oleh alasannya yaitu itu, kami menciptakah sebuah produk multivitamin terbaik. Selain vitamin A, B kompleks, dan vitamin C, multivitamin ini juga diperkaya dengan vitamin D yang sanggup menguatkan tulang, serta vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit anda. Dengan tubuh yang sehat dan fisik yang bugar, pendakian anda akan lebih berkesan. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda ketikan pendakian jangan lipa membawa Muxlim-D dan dapatkan di apotik-apotik terdekat di kota anda.

Demikian pembahasan lengkap perihal paragraf persuasif, pengertian paragraf persuasif, ciri-ciri paragraf persuasif, tips menulis paragraf persuasif dan teladan paragaraf persuasif.


Sumber https://www.berpendidikan.com