Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengumuman Hasil Ukks Dan Ukps Online Tahun 2015

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) online  dan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS) online berbeda dengan pekalsanaan Uji Komptensi Guru (UKG) yang pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Hasil UKG ketika itu sanggup diketahui pribadi sehabis berakhirnya UKG. Namun, hasil UKKS dan UKPS Online Tahun 2015 tidak sanggup diketahu pribadi sehabis pelaksanaan ujian sehingga penerima harus menunggu PENGUMUMAN HASIL UKKS DAN UKPS ONLINE TAHUN 2015.

Bagi sebagian kepala sekolah dan pengawas, pengumuman hasil  Uji Kompetensi Kepala Sekolah UKKS online  dan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah UKPS online sangat ditunggu untuk mengukur kompetensi dirinya dalam memahami tupoksinya terutama terkait dengan pemahaman akan 8 standar nasional. Namun, tak sedikit pula kepala sekolah dan pengawas yang hirau tak acuh, alasannya mereka mengikuti kegiatan UKKS dan UKPS Online Tahun 2015 hanya sebatas mengikuti hukum yang ada.


Sebagaimana diketahui hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) dan Uji Kompetensi Pengawas Sekolah (UKPS) Tahun 2015 ini diantaranya akan dijadikan materi pemetaan kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pengembangan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, serta sebagai alat kontrol pelaksanaan evaluasi kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Berdasarkan kenyataan di atas tentunya ada sebagian kepala sekolah yang menunggu pengumuman hasil UKKS online dan UKPS Online Tahun 2015 untuk mengetahui kompetensi dirinya.

Lalu, apakah hasil UKKS dan UKPS Online Tahun 2015 betul-betul mencerminkan kompetensi kepala sekolah atau pengawas sekolah ? Banyak kepala sekolah yang ragu dan tidak percaya kalau hasil UKKS dan UKPS dijadikan satu-satunya alat untuk mengukur kompetensi kepala sekolah atau pengawas sekolah. Merka beropini bahwa metode tes pada umumnya lebih banyak menguji aspek pengetahuan dan tingkat kecermatan penerima ujian dalam memahami soal atau pertanyaan. Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah yang mempunyai nilai tertinggi dalam pelaksanaan UKKS dan UKPS Online belum dalam pelaksanaan kiprah keseharian ia akan bisa sebagai the best practice. Bahkan bukan tak mungkin pula Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah yang gagal dalam tes UKKS dan UKPS Online, namun dalam pelaksanaan kiprah keseharian ia justru bisa menerapkan the best practice. Oleh alasannya itu, tak anggun kalau pelaksanaan UKKS dan UKPS Online dijadikan satu-satunya standar untuk mengukur kompetensi Kepala sekolah dan Pengawas Sekolah.

Mari kita tunggu PENGUMUMAN HASIL UKKS DAN UKPS ONLINE TAHUN 2015? Kita berharap LPMP sebagai pelaksanaan ujian sanggup obyektif dan transparan dalam pengelolaan pelaksanaan UKKS dan UKPS online ini.



loading...