Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Kerikil Cincin Akik Terpopuler Di Indonesia

Berikut ini jenis watu cincin akik termahal dan terpopuler  di Indonesia :
1. Batu cincin Safir
Safir merupakan watu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di banyak sekali negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang bisa mempunyai jenis watu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum dipakai sebagai permata cincin yang indah atau untuk pelengkap jenis lainnya.
Batu permata ini mempunyai banyak variasi warna mirip warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat watu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura faktual untuk menyebarkan daya pikir bagi pemakainya

2. Batu Cincin Ruby

Batu Ruby sering juga disebut watu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak watu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga watu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian
3. Batu Akik Kalsedon
Mempunyai ciri mirip diselimuti kabut transparan, semakin menambah keeksotisan dari watu akik jenis ini. Bisa ditemukan di kawasan Jawa Barat dan kawasan Sulawesi Tenggara watu ini seakan ikut melengkapi keindahan jenis watu akik yang ada di Indonesia.
Selain di kawasan di atas, gres – gres ini jenis watu akik kalsedon juga ditemukan di kawasan Pacitan Jawa Timur.
4. Batu Bacan

Batu bacan merupakan jenis watu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di kawasan Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis watu bacan paling terkenal dan banyak dicari jenis watu bacan doko dan watu bacan palamea.
Kedua jenis watu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan watu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko mempunyai warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga watu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.

5. Batuk Akik Idokras

Kebanyakan watu ini berwarna lumut hijau atau kadang mirip warna solar, yakni cokelat kekuning-kuningan. Sumber jenis watu permata ini di Indonesia dari Sumatra Barat dan Nanggroe Aceh Darussalam dan watu cincin sungai dareh.
6. Batu Cincin Zamrud
Jenis permata ini mempunyai warna hijau bening hingga hijau bau tanah dan sudah dikenal banyak orang semenjak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud mempunyai kekerasan 7.5 pada skala mohs  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.



7. Batu Topaz

Batu topaz mempunyai banyak warna mirip kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis watu ini banyak ditemukan di banyak negara mirip Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil watu yang banyak diguakan sebagai pelengkap ini.
Seperti watu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani mirip menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

8. Batu Akik Kalimaya

Jenis watu akik yang meskipun lembek, namun tetap banyak yang mencari nya. Dengan ciri spesifik memancarkan warna semacam berlian menimbulkan watu ini termasuk buruan nomor satu bagi para kolektor.
Jenis watu akik ini sering disebut dengan opal ini di luar negeri bisa ditemukan di negara India, Meksiko, Australia dan juga Mesir, untuk di Indonesia sendiri bisa ditambang di Banten.
9. Batu Opal (Kalimaya)

Opal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan watu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang gres mengenal watu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona watu yang bisa mengeluarkan aneka macam warna tersebut.
Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga watu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya watu akik pada umumnya. Harga watu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.
10. Batu Sungai Dareh
Batu akik sungai dareh termasuk salah satu watu cincin terkenal dan termahal ketika ini. Batu asal Sumatera Selatan itu sekarang tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas watu itu mulai menanjak semenjak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan watu tersebut di jari tangan mereka.
Harga watu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.



11. Batu Giok

Di Indonesia watu giok sudah dikenal semenjak lama, namun popularitas watu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi watu akaik belakanhgan ini, sehingga menciptakan harga watu giok makin mahal.
Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, mirip mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa watu yang sudah dikenal semenjak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Baca: Khasiat Batu Giok

12. Batu Akik Kecubung (Amethyst)

Batu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak watu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada watu ini menciptakan watu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.
Tak hanya bisa dijadikan sebagai pelengkap kecubung juga dipercaya sebagai watu pembawa keberuntungan Baca : Khasiat Batu Kecubung
13. Batu Lavender
Dalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, Jenis watu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori watu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga watu ini menjadi buruan banyak kolektor.
Harga watu lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak ketika itu watu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran watu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional.

14. Batu Akik Sulaiman
Ada beberapa jenis batuk akik Sulaiman, dinataranya Batu Akik Sulaiman Tapak Jalak, Batu Akik Sulaiman Junjung Derajat, Batu Akik Sulaiman Panca Warna
Batu Akik Sulaiman Tapak Jalak

Batu cincin akik tapak jalak yaitu jenis watu dengan ciri khas pamor bersilang pada bab tengah batu. Motif watu yang mirip dengan jari kaki burung jalak ini sanggup ditemukan pada banyak sekali jenis watu alam.
Khasiat watu tapak jalak bagi mereka yang mempercayai hal-hal mistis, diyakini bisa engangkat kewibawaan dan karismatik. Beberapa orang percaya batui ini bisa menangkal santet atau banyak sekali jenis ilmu hitam.

Batu Akik Sulaiman Junjung Derajat

Jenis watu ini dikenal dengan pamornya yang berupa garis berlipat dan bersiku, atau mirip dengan segi tiga mengarah bab sisi batu. Konon watu ini sanggup meningkatkan derajat seseorang, mempermudah dalam hal karir dan pekerjaan.
Selain dipercaya mempunyai khodam, watu ini terlihat unik dan menarik untuk dijadikan sebagai pelengkap mirip liontin atau watu cincin.

Batu Akik Sulaiman Panca Warna
Batu Akik Pancawarna termasuk dari sekian banyak watu yang juga menjadi icarab bnyak penghobi. Karena watu ini, selain keunikannya yang bisa mengeluarkan bermacam warna juga dipercaya sebagai watu yang mempunyai khadam dan mengandung tuah.

Batu panca warna dipercaya sebagian orang sanggup membuka aura kewibawaan dan karismatik. Batu ini cocok bagi mereka yang bekerja, pebisnis atau orang mempunyai jiwa kepemimpinan. Selain itu, watu dengan corak warna warni ini juga diyakini bisa menangkal kejahatan bagi secara lahir maupun batin.

loading...