Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peranan Pasar Dan Kekerabatan Pasar Dengan Distribusi

Pasar mempunyai peranan yang amat penting bagi perekonomian. Berikut ini beberapa peranan pasar.


Pasar mempunyai peranan yang amat penting bagi perekonomian PERANAN PASAR DAN HUBUNGAN PASAR DENGAN DISTRIBUSI

1.      Bagi produsen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi produsen, yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi serta sanggup pula dipakai sebagai tempat untuk mempromosikan ataupun memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu, produsen juga sanggup memperoleh barang atau jasa yang akan dipakai untuk keperluan proses produksi.

2.      Bagi konsumen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi konsumen, alasannya yakni konsumen gampang untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan makin gampang memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.

3.      Bagi pembangunan
Peranan pasar bagi pembangunan ialah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang dilakukan. Upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar pun sanggup dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.

4.      Bagi sumber daya manusia
Kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar pula tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangu pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.


Pasar merupakan bab dari acara distribusi yang berfungsi menyalurkan atau memberikan barang dari produsen untuk konsumen melalui para pedagang. Barang-barang yang dihasilkan oleh produsen bukan untuk dikonsumsi sendiri, namun perlu disebarluaskan kepada masyarakat umum. Pasar dalam acara distribusi mempunyai peranan yang cukup penting.
Berikut ini kekerabatan ataupun kaitan antara pasar dan distribusi:

1.      Terciptanya harga barang yang relatif stabil
Dengan adanya pasar dan distribusi, barang-barang sanggup disalurkan sesuai kebutuhan konsumen tersebut. Proses penyaluran akan menciptakan harga-harga relatif stabil dan terkendali.
Apabila barang-barang yang diharapkan konsumen menumpuk di gudang-gudang produsen, maka konsumen akan kesulitan mendapatkanbarang yang dibutuhkan. Hal itu akan menciptakan harga barang-barang tersebut naik, sehingga akan merugikan konsumen.

2.      Mempermudah konsumen melaksanakan konsumsi
Dengan adanya pasar dan distribusi, barang atau jasa yang dihasilkan dalam acara produksi sanggup dinikmati konsumen. Adanya pasar tradisional maupun pasar modern, baik di kota maupun di kawasan pedesaan menciptakan konsumen akan lebih gampang mendapat barang dan jasa.

3.      Produsen sanggup mempertahankan penjualan produk dan keuntungannya
Bagi produsen, berlangsungnya acara pasar serta distribusi yang sehat akan sanggup mempertahankan penjualan hasil produksinya dengan stabil. Hal itu tentu saja menjamin laba optimal yang diperolehnya setiap saat.

4.      Meningkatkan penjualan dan efisiensi perusahaan
Bagi produsen, acara pasar dan distribusi akan menaikkan tingkat penjualan hasil produksinya. Naiknya tingkat penjualan akan menciptakan perusahaan terus berupaya memproduksi barang ataupun jasa yang menjadi kebutuhan konsumen dengan baik dan sempurna waktu.

Adapun fungsi keterkaitan antara pasar dan distribusi, sebagai berikut:
1.      Fungsi penyediaan fisik
Fungsi ini menyangkut pemindahan barang secara fisik dari produsen ke konsumen akhir. Fungsi ini mencakup pengumpulan, penyimpanan, pemilihan dan pengangkutan barang.

2.      Fungsi pertukaran
Dalam fungsi pertukaran, pasar dan distribusi berperan menentukan barang ataupun jasa yang akan ditawarkan (dijual), biar penjualan berikutnya sanggup dilakukan dengan harga, pelayanan, dan kualitas yang disenangi konsumen. Fungsi pertukaran ini termasuk juga mengurangi dan menghindari risiko dalam penjualan barang atau jasa.

3.      Fungsi penunjang
Fungsi ini membantu atau melengkapi fungsi pertukaran dan fungsi penyediaan fisik biar terealisasi dengan baik. Kegiatan fungsi penunjang mencakup pelayanan setelah pembelian atau pelayanan purnajual, penyebaran gosip biar barang atau jasa lebih dikenal oleh masyarakat dan juga duduk kasus pembelanjaan.


Demikian klarifikasi mengenai PERANAN PASAR DAN HUBUNGAN PASAR DENGAN DISTRIBUSI, semoga sanggup bermanfaat.