Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Surat Eksklusif Untuk Teman Atau Teman Terlengkap

Pada artikel sebelumnya telah dibahas wacana contoh-contoh surat dinas secara lengkap. Pada pembahasan kali ini akan dibahas wacana pola surat langsung kepada sahabat atau teman.

Pembahasan kali ini berisi wacana pengertian surat pribadi, bagian-bagian surat pribadi, pola surat pribdi dan gaya bahasa dalam surat pribadi.

Pengertian surat pribadi

Membuat Surat langsung intinya tidak ada hukum yang baku; kita boleh - boleh saja menciptakan surat langsung sesuai dengan kehendak kata masing - masing, asalkan pesan yang kita inginkan hingga dan disampaikan dengan sewajarnya (pantas).

Bagian-bagian surat pribadi

Surat langsung untuk sahabat dianggap sudah baik saat sahabat yang menerimanya tidak tersinggung dengan tampilan dan gaya bahasa yang kita gunakan.

Dibawah ini pola variasi surat langsung untuk sahabat atau sahabat kita;
- Surat langsung bahasa inggris
- Surat langsung bahasa jawa
- Surat langsung bahasa sunda
- Surat langsung untuk teman
- Surat langsung untuk guru
- Surat langsung untuk orang tua

Semua bentuk surat langsung tersebut di atas tidak ada hukum yang baku dalam pembuatannya. Kita dibebaskan dalam memilih susunan, gaya bahasa, bentuk surat dan lainnya.
Pada artikel sebelumnya telah dibahas wacana  Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat atau Teman Terlengkap
Gambar: Contoh surat langsung untuk sahabat

Contoh surat langsung untuk sahabat dan teman

Untuk lebih jelasnya wacana pola variasi surat langsung dengan bermacam-macam bentuk dan gaya bahasanya serta surunan kalimatnya, silahkan perhatikan contoh-contoh surat langsung berikut ini!

Contoh surat langsung untuk sahabat I

(Dikutip dari contohpedia.com)

Lampung, 12 Mei 2015


Assalamualaikum Wr.Wb, hai sobatku Hilwa, apa kabar? semoga kau dan keluarga dalam keadaan sehat selalu. 

Sobat, maaf ya sebelumnya kalau surat yang terakhir kau kirim gres sanggup saya balas sekarang. Oh ya Sob, kini saya sudah kerja loh, saya gres diterima bekerja di sebuah forum pendidikan mencar ilmu di Lampung, suasana belajar-mengajar disana asyik dan nyaman. Oh iya Aku hampir lupa, teman-teman nanyain kabar kau tuh, katanya bentar lagi kau mau married ya? asyik donk (hehehe). Jangan lupa kirim usul untuk saya dan teman-teman disini ya? Aku tunggu deh.

Berhubung saya gak pinter nulis, saya udahin dulu ya surat ini sob. Ku tunggu surat jawaban darimu.

Sahabatmu,

Mufidah

Contoh surat langsung untuk sahabat II

(Dikutip dari contohpedia.com)

Lampung, 14 Juni 2015

Apa kabar Ahmad, baik-baik saja kan?

Saat menulis surat ini saya sedang melihat album photo perpisahan sekolah, kalau ingat masa-masa kita masih duduk di dingklik sekolah memang sangat menyenangkan. Kita salalu menyebarkan kecerian dan suka sedih bersama. Masa-masa sekolah memang masa yang indah dan tidak gampang dilupakan.

Oh ya Ahmad, Bagaimana kuliahmu di Bogor? semoga berjalan dengan baik. Aku berharap kau sanggup menuntaskan kuliahmu dengan baik juga, biar cita-citamu yang ingin jadi guru Bahasa Inggris itu sanggup segera kau wujudkan. " Amin ".

Udah dulu, ya Ahmad. Aku berharap jikalau kau libur kuliah atau berkunjung kerumah nenek kau di lampung, jangan lupa mampir kerumah saya ya?  Aku tunggu kabar dan jawaban surat darimu.

Sahabatmu,

Zaenab


Contoh surat langsung untuk sahabat III

(Dikutip dari 'Aktif Berbahasa Indonesia' oleh Dewi Indrawati dan Didik Durianto)


Bogor, 25 Mei 2015
Siti Nurhayati
Jl. Gotong royong No.14 I/I
Sukarame, Bandarlampung
Lampung

Siti yang manis,
Halo, bagaimana ni kabar kamu? Aku harap kau baik-baik saja dan sehat selalu ya! Soalnya saya di sini juga sehat dan baik-baik saja.


Eh, Siti, bulan depan saya mau ke rumah tanteku yang ada di Lampung. Kaprikornus saya sanggup sekalian mampir ke rumah kamu. Boleh kan kalau saya main ke rumah kamu? Harus boleh lho, soalnya saya sudah kangen banget dengan kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan murka lho, Siti, saya kan cuma bercanda. Nik, kau masih punya Kucing tidak? Berapa kini jumlahnya? Pasti udah

tambah banyak. Mereka lucu-lucu dan pinter-pinter deh.


Siti, cukup hingga di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya, Siti. Aku tunggu lho!



Dari temanmu

Amelia

Contoh surat langsung untuk sahabat IV

(Dikutip dari 'Buku Bahasa dan Sastra Indonesia I, Oleh: Maryati, Sutopo)

Kotaraja, 21 Maret 2007

Sahabatku,
Wiwik Gusnani
Di Kota Metro
Salam persahabatan,

Hai, apa kabar? Bagaimana keadaanmu? Sehat dan senang bukan? Apakah kau masih menanam bunga mawar? Aku ingin sekali bertemu kau lho Wik? Kamu niscaya tambah cantik, ya? Atau mungkin tambah gemuk?

Wik, sahabatku yang baik. Sejak kita berpisah, banyak hal yang terjadi di sini. Kota kita memang berkembang sangat pesat. Gedung yang dulu menjadi tempat pentas dan latihan drama itu sudah rata dengan tanah. Kini sudah muncul bangunan super mewah, sayang tempat itu hanya untuk belanja! Rasanya tak mungkin untuk berkesenian, apalagi untuk pentas drama.

Wik, sekian dulu, ya! Jangan lupa membalasnya. Kutunggu kabarmu! Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Juga Mas Yudi. Terima kasih Wik... hingga jumpa dalam liburan yang akan datang.

Sampai jumpa.
Sahabatmu,

Eka Pratiwi

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabar (Bahasa Sunda)

(Dikutip dari contohsurat99.com)

Banjaran, 04 OKTOBER 20125

Haturan  Gempi
di Garut

          Assalamu’alaikum Wr. Wb.
          Kumaha, ka ayaan Gempi sareng kulawargi di Garut ? gampang mudahan wae aya dina kaayaan sehat raga sareng eusina, Amiiin. Kumaha Gem Sakola di Garut ayeuna pikabetaheun  sareng seueur rerencangan nu anyar nya !. Tapi tong hilap ka abi mah nya Gem.

          Alhamdulillah Abdi Sakola di Banjaran anu caket we, da bade ka kota teh teu acan aya kaludeung. Ah tapi sawios we Gem, anu penting mah najan sakola di kawasan oge urang teh kudu soson-soson diajar mah, ulah tinggaleun ku urang kota.

          Abdi jadi ka emut waktos urang sasarengan sakola di SMP, Urang diajar sareng ocon bareng. Emh... meni sono pisan hoyong pependak deui sareng Gempi teh, rupina iraha Gempi bade ameng ka Banjaran deui ? Supados urang tiasa ngeutkeun bareng pangalaman urang baheula nuju sakola di SMP.

          Rupina cekap sakitu surat ti Abdi, diantos waleranna. Mudah-mudahan urang tiasa papendak paamprok jonghok deui sanes waktos.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Sono,


    Dadan

Demikian Pembahasan kali ini berisi wacana pengertian surat pribadi, bagian-bagian surat pribadi, pola surat pribdi dan gaya bahasa dalam surat pribadi.
Sumber https://www.berpendidikan.com