Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri – Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan makhluk tak hidup atau benda mati. Apabilan sesuatu tidak mempunyai ciri-ciri ini maka ia tidak dikatakan sebagai makhluk hidup.


Diantara ciri-ciri makhluk hidup ialah melaksanakan metabolisme, membutuhkan makan, beradaptasi, peka terhadap rangsangan, bergerak, tumbuh, berkembang biak.

Untuk lebih detailnya marilah kita ikuti paparan berikut ini!

Ciri – Ciri Makhluk Hidup

1. Metabolisme

Metabolisme ialah proses kimiawi yang terjadi di dalam badan makhluk hidup yang berfungsi untuk menghasilkan energi melalui proses bernapas yang nantinya akan menghasilkan zat sisa.
Energi yang dihasilkan dari proses metabolisme ini dipakai oleh makhluk hidup untuk melaksanakan banyak sekali acara kehidupannya menyerupai bergerak, bereproduksi, tumbuh dan berkembang.

2. Makan

Sebagaimana metabolisme, makan juga berfungsi untuk menghasilkan energi melalui proses percernaan makanan. Setiap makhluk hidup mempunyai cara tersendiri untuk makan ini, contohnya tumbuhan hijau, cara makan tumbuhan berbeda dengan makhluk hidup lainnya.

Tumbuhan termasuk makhluk hidup yang sanggup mempoduksi atau menghasilkan atau menciptakan makanannya sendiri dari zat-zat anorganik melalui proses fotosintetis. Oleh alasannya itu tumbuhan disebut juga sebagai autotrof.

Sedangkan binatang dan insan tidak sanggup menghasilkan masakan sendiri, sehingga membutuhkan makhluk lain. Sehingga insan dan binatang disebut dengan heterotrof.

Berbeda dengan tumbuhan yang yang sumber makanannya ialah zat organi, insan dan binatang sumber makanannya ialah zat-zat organik, berupa gula, protein, dan lemak.

3. Beradaptasi

Adaptasi merupakan penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya supaya tetap sanggup hidup. Setiap makhluk hidup mempunyai ciri struktur badan yang khusus berkaitan dengan caranya menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Tumbuhan air menyesuaikan diri dengan membentuk daun yang lebar dan tipis supaya gampang menguap. Bagaimana tumbuhan yang hidup di lingkungan kering beradaptasi? Bagaimana cara binatang beradaptasi?

Setiap organisme termasuk binatang mempertukarkan panas tubuhnya dengan lingkungan luarnya (eksternal) supaya suhu tubuhnya stabil. Berdasarkan sumber panas yang diperoleh tubuhnya, binatang dibedakan menjadi binatang ektotermik dan endotermik. Hewan ektotermik mendapat sebagian besar panas tubuhnya dari sekelilingnya.
ciri tertentu yang membedakannya dengan makhluk tak hidup atau benda mati Ciri – Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya
Gambar: Ciri Ciri Makhluk Hidup

4. Bergerak

Gerak merupakan hasil atau perwujudan dari jawaban makhluk hidup terhadap rangsang, yang sanggup berupa gerak sebagian badan atau seluruh tubuh.

5. Peka terhadap rangsang

Apa yang kau lakukan jikalau digigit nyamuk? Semua makhluk hidup akan menanggapi rangsangan atau perubahan dari lingkungan sekitarnya. Kemampuan makhluk hidup dalam menanggapi rangsang disebut iritabilitas.

Setiap makhluk hidup peka terhadap rangsang tertentu. Coba kau sentuh daun putri malu. Apa yang terjadi? Daun putri aib jikalau disentuh akan segera mengatup. Hal itu merupakan pola jawaban terhadap rangsang.

Sentuhan, cahaya, dan perubahan suhu merupakan salah satu bentuk rangsangan eksternal makhluk hidup. Setiap rangsangan eksternal akan ditangkap alat indra dan akan ditanggapi dalam bentuk gerak.

6. Tumbuh dan Berkembang biak

Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan sanggup diartikan sebagai suatu pertambahan/ peningkatan ukuran yang bersifat irreversible (tidak sanggup kembali ke keadaan semula).

Perkembangan merupakan proses kelanjutan dari pertumbuhan yang berupa diferensiasi, yaitu proses pembentukan struktur badan yang mempunyai fungsi khusus.

Reproduksi (berkembang biak) merupakan salah satu cara bagi makhluk hidup untuk melestarikan keturunannya. Makhluk hidup sanggup melaksanakan reproduksi secara seksual dan aseksual.

Secara seksual maksudnya melalui peleburan sel telur dan sel kelamin jantan, sedangkan aseksual tanpa melalui peleburan sel kelamin. Contoh tanda-tanda tumbuh dan berkembang biak ini sanggup kita lihat dalam proses metamorfosis yang terjadi pada katak.


Sumber https://www.berpendidikan.com