Kisi Kisi Dan Soal Latihan Ukk Bahasa Indonesia Kelas 8
Berikut ini teladan kisi-kisi dan Soal Latihan UKK atau Ulangan Kenaikan kelas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP.
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi |
9. Memahami isi gosip radio/ Televisi | - Menemukan pokok-pokok gosip (apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana) - Mengemukakakn kembali gosip yang didengar, diton-ton melalui radio dan televisi | Cara menemukan pokok-pokok gosip dan implementasinya |
10. Mengemukakan pikiran, perasaan dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler | - Menyampaikan persetujuan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan - Membawakan program dengan bahasa yang baik dan benar | Cara memberikan pendapat dalam diskusi Cara membawakan program dan implementasinya |
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif dan membaca nyaring | - Menemukan informasi untuk materi diskusi memlalui membaca intensif | Ragam wacana tulis |
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja orisinil atau terjemahan yang dibacakan | - mengidentifikasi huruf tokoh novel remaja yang di bacakan - Menjelaskan tema dan latar yang dibacakan - Mendeskripsikan alur novel remaja yang dibacakan | Mengidentifikasikan huruf tokoh Menjelaskan tema dan latar novel Mendeskripsikan alur novel remaja |
14. Mengapresiasi kutipan novel melalui kegiatan diskusi | - Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) | Cara mengomentari kutipan novel dan implementasinya |
15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antalogi puisi | - Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel orisinil atau terjemahan - Mengenali cirri-ciri umum puisi dan buku antalogi puisi | Cara menjelaskan alur, pelaku, dan latar novel serta implementasinya |
16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas | Menulis puisi bebas dengan memakai pilihan kata yang sesuai. | Menulis puisi bebas dengan memakai pilihan kata yang sesuai. |
Indikator | Bentuk Soal | Soal | No. Soal | Kunci Jawaban |
- Mampu menemukan pokok-pokok gosip alam wacana - Mampu menemukan unsur gosip pada wacana - Mampu menyebutkan pernyataan yang tidak terdapat dalam wacana - Mampu menciptakan pertanyaan sesuai wacana - Mampu menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis laporan - Mampu mengetahui indera yang dipakai untuk memahami gosip dari media cetak - Mampu mengartikan gosip harus disusun secara komunikatif - Mampu mengetahui lokasi dimana insiden terjadi pada sebuah berita | PG PG PG PG PG PG PG PG | Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir | 1 2 3 4 13 17 22 30 | B D B C A B B C |
- Mampu menyebutkan kiprah notulen dalam sebuah diskusi - Mampu mengetahui budbahasa memberikan proposal dalam diskusi - Mampu menyebutkan tujuan melaksana-kan diskusi - Mampu menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membawakan acara | PG PG PG PG | Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir | 10 14 28 9 | C D B D |
- Mampu menyebutkan ragam wacana tulis | PG | Terlampir | 26 | D |
- Mampu menyebutkan huruf tokoh ayah dalam bacaan - Mampu menyebutkan latar pada sebuah novel - Mampu menyebutkan konflik dalam novel Karmila | PG PG PG PG PG PG PG | Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir Terlampir | 6 12 25 11 19 21 7 | A C C A D C B |
- Mampu mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari | PG | Terlampir | 5 | A |
- Mampu menyebutkan penulis kumpulan puisi “Balada Orang-orang Tercinta” | PG Esai PG PG PG PG PG | Terlampir Terlampir Terlampir Terlam[pir Terlampir Terlampir | 15 16 20 24 27 29 | D B A D D D |
- Mampu menyebutkan topik yang terdapat dalam puisi | PG PG | Terlampir Terlampir | 8 18 | B A |
Berikut ini Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 8
Bacalah teks wacana di bawah ini dengan benar!
Alat Transportasi Wisata
Hampir sebagian masyarakat Indonesia sangat mengenal delman atau andong sebagai alat transportasi. Seperti di kota Pandeglang, kendaraan menyerupai itu masih terpelihara bahkan dijadikan sebagai kendaraan wisata.
Keberadaan yang langka dan unik, alat transportasi menyerupai delman masih disukai banyak orang, bukan saja nyaman dinaiki juga ongkosnya murah. Apalagi delman delman di Pandeglang gerobaknya dihiasi kertas herbras sehingga kelihatan lebih anggun dan rapi.
Mang Adul penarik delman di kota rino mengaku tidak bisa meninggalkan profesinya sebagai penarik delman. Oleh sebab itu, beliau memelihara dua kuda jantan sebagai penarik gerobak delmannya.
1. Pokok gosip wacana di atas ialah ....
a. Mang Adul penarik delman
b. Andong sebagai alat transportasi
c. Delman disukai banyak orang
d. Pandeglang kota badak
2. Unsur gosip pada paragraf ke-3 ialah ….
a. Mengapa dan kapan
b. Bagaimana dan mengapa
c. Di mana dan siapa
d. Siapa dan apa
3. Pernyataan yang tidak terdapat pada bacaan dii atas ialah ….
a. mang Adul penarik delman
b. mang Adul bisa meninggalkan profesinya
c. andong sebagai alat transportasi
d. gerobak dihiasi kertas herbras
4. Pertanyaan yang jawabannya ada pada paragraf ke-3 ialah ….
a. Kapan mang Adul menarik delman?
b. mengapa andong disukai banyak orang?
c. Siapa penarik delman di kota badak?
d. Berapakah ongkos delman?
5. Aku serba resah mau mendekati ibu atau eyang. Kalau saya mendekati eyang saya kasihan pada ibu yang menangis sebab dimarahi eyang. Akan tetapi, jikalau mendekati ibu, eyang bisa murka juga kepadaku. Wah, saya benar-benar tidak tahu apa yang harus kulakukan.
Nilai kehidupan yang paling lebih banyak didominasi dalam kutipan dongeng tersebut ialah …
a. moral c. religius
b. sosial d. budaya
6. Memang ibu sangat berlainan dengan ayah. Ayah suka bertanya perihal diriku, perihal kesulitan-kesulitanku, atau perihal sekolahku. Ayah suka tersenyum perihal sekolahku, suka memandangku dengan pandangan yang menyenangkan. Setiap ayah tiba dari bepergian, kami dibawakan oleh-oleh, kue-kue atau permen yang dibagikan kepada kami dengan jumlah yang sama rata.
Sifat tokoh ayah dalam kutipan dongeng tersebut adalah…….
a. penyayang c. penggembira
b. penyabar d. peramah
7. Karena murka dan bencinya Karmila pada Faisal, Karmila minta semoga Faisal dan Fani tidak menemuinya lagi. Karmila ingin semoga Fani bisa melupakannya. Fani jatuh sakit. Dia mengigau terus-menerus menyebut nama Karmila. Sebelum dibawa ke rumah sakit, Faisal menelepon Karmila yang sudah menjadi dokter untuk minta pendapatnya. Karmila sempat bingung, namun sesudah dinasihati ibu dan teman-temannya Karmila pun balasannya pergii menemui Fani.
Konflik penggalan novel Karmila karya Marga T tersebut ialah ….
a. Karmila sangat membenci Fani
b. Karmila mencintai Fani tetapi murka dan benci kepada Faisal
c. Karmila tidak ingin Fani sembuh
d. Karmila sedang menghukum Fani
8. Bila kelak ku dewasa
Kan kuharap bunda
Yang rela terperas keringatnya
Yang selalu manis senyumnya
Untuk putra-putrinya
Keindahan puisi tersebut terdapat pada ….
a. pilihan kata dan bentuk
b. pilihan kata dan rima
c. majas dan rima
d. majas dan bentuk
9. Membacakan program harus dilakukan dengan baik. Berikut ini ialah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membawakan acara,, kecuali:
a. Penggunaan bahasa yang santun dan komunikatif
b. Mengucapkan salam, ucapan terima kasih serta sapaan dengan tepat
c. Menyampaikan program sesuai urutan program dengan benar
d. Menerapkan intonasi dengan selambat-lambatnya
10. Tugas notulis dalam sebuah diskusi ialah ….
a. Mengatur jalannya acara
b. Menanggapi kegiatan diskusi
c. Mencatat hal-hal yang terjadi dalam diskusi
d. Memberikan kode dalam diskusi
11. Unsur intrinsik novel yang diistilahkan dengan latar ialah ….
a. tempat, waktu, suasana
b. pesan, amanat
c. jalan cerita
d. sifat tokoh
12. Aku mengantar Jamie pulang dari panti asuhan malam itu. Mulanya saya tidak yakin apakah saya akan melaksanakan kebiasaan usang dengan akal-akalan menguap dan meletakkan tanganku dipundaknya, tapi sejujurnya saya tidak tahu perasaan Jamie terhadapku.
Sifat tokoh saya dalam kutipan novel di atas ialah seorang yang ….
a. pemalu c. peragu
b. penakut d. pemarah
13. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis laporan, kecuali:
a. subjektif
b. mengungkapkan secara lengkap
c. tidak memasukkan pendapat pribadi
d. sistematis
14. Dalam diskusi, dikala seseorang ingin memberikan proposal ataupun saran harus melalui ….
a. notulis c. panelis
b. notaris d. moderator
15. BALADA IBU YANG DIBUNUH
……………
Bulan sabit terkait malam memberita datangnya
Waktu makan bayi-bayinya mungil, sayang
Matanya berkata pamitan / bertolaklah ia
Dirasukinya dusun-dusun / semak-semak / taruhan harian atas nyawa
.................
Citraan yang terkandung dalam kata bergaris bawah dalam cuplikan puisi di atas ialah ….
a. citraan penglihatan
b. citraan pendengaran
c. citraan perabaan
d. citraan gerak
16. Sang raja memancarkan sinarnya
Seperti percikan sinar di ufuk timur
Dengan hentikan air terjun
Roda-roda turbin raksasa berputar
Dengan irama syahdu
Yang dimaksud sang raja pada puisi di atas ialah ….
a. seorang raja di suatu kerajaan
b. matahari
c. kokok ayam
d. gunung-gunung
17. Untuk memahami gosip dari media cetak, kita lebih banyak menggunakan…
a. indra peraba
b. indra penglihatan
c. indra pendengar
d. indra pendengar dan penglihatan
18. Mataram waktu senja hari
Indah sekali
Mempesona kalbu
Membangkitkan sukma
Kesan yang timbul dari sajak tersebut ialah ….
a. keindahan di Mataram
b. keramaian di Mataram
c. kesibukan di Mataram
d. kesejukan di Mataram
19. Latar sebuah novel mencakup hal-hal berikut ini,, kecuali:
a. tempat terjadinya cerita
b. waktu berlangsungnya cerita
c. keadaan dan suasana
d. amanat yang disampaikan
20. Kumpulan puisi “Balada Orang-orang Tercinta” merupakan karya ….
a. W.S. Rendra c. Chairil Anwar
b. Amir Hamzah d. Asrul Sani
21. Pada beberapa daerah ilalang berbunga putih beralun-alun sama berayun dengan rumput diembus udara petang. Di bawah lingkungan pembatasan bumi dengan langit, segaris hijau kebiru-biruan pohon-pohonan. Langit yang kuning muda, bertitik putih, di antaranya terjalin warna.
Latar penggalan novel tersebut ialah ….
a. pagi hari c. petang hari
b. sore hari d. malam hari
22. Sebuah gosip harus disusun secara komunikatif. Artinya ….
a. tidak banyak menuntut pikiran dan daerah berita
b. harus hidup, segar menarik dan gampang diterima
c. kreatif dan cenderung fiktif
d. mampu pertanda daya tarik pembaca
..
23. Dalam memberikan penolakan pendapat sebaiknya diawali dengan kata ….
a. bagus c. kurang
b. tidak d. maaf
24. . Aku
Kalau hingga waktuku
ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu-sedan itu
Aku ini hewan jalang
dari kumpulan yang terbuang
………….
Membaca puisi tersebut yang sempurna dengan gaya ….
a. lembut c. memelas
b. marah d. tegas
25. Sebenarnya Fahri malas untuk berada di luar rumah dalam suasana panas begini, tapi beliau sudah berjanji pada Syaikh Usman akan datang, dan komitmen itu ialah utang yang harus dibayar dengan kedatangannya.
Sifat Fahri dalam penggalan novel di atas ialah ….
a. baik hati c. sempurna janji
b. penurut d. sombong
26. Membaca dengan konsentrasi tinggi untuk memahami informasi secara maksimal disebut ….
a. membaca cepat c. membaca indah
b. membaca dalam hati d. membaca intensif
27. Pesan yang disampaikan oleh penyair dalam puisi disebut ….
a. tema c. nada
b. rasa d. amanat
28. Tujuan melaksanakan diskusi ialah untuk ….
a. Menyampaikan pendapat
b. Menyampaikan solusi dari problem yang dibahas
c. Mengumpulkan pendapat yang sama
d. Sebagai bentuk aspirasi
29. Berikut ialah unsur intrinsik novel, kecuali:
a. tema c. alur
b. amanat d. latar belakang pengarang
30. Where pada pokok gosip mengandung arti ….
a. siapa pelaku peristiwa
b. apa problem yang dibahas
c. di mana insiden itu terjadi
d. mengapa insiden itu terjadi
Essay
31. Memberikan teladan 3 buah kalimat sanggahan yang sanggup dipakai dalam diskusi di kelas!
32. Jelaskan perbedaan kalimat fakta dan kalimat opini!
33. Berikan 3 buah contoh
1) Kalimat beragam setara!
2) Kalimat beragam bertingkat
34. Buat 2 buah slogan yang isinya mengajak sahabat untuk berguru giat
35. Buat 2 buah poster yang isinya mengajak hidup higienis
36. Buatkan teladan kepala surat dalam surat dinas
37. Jelaskan sistematika penulisan laporan
38. Jelaskan hal-hal yang ditempuh dalam melaksanakan wawancara
39. Buatkan petunjuk penggunaan setrika listrik dengan memakai bahasa yang efektif
40. Buatlah sebuah bagan yang menggambarkan perjalananmu dari rumah hingga ke sekolah!
loading...